Erick Thohir Peringatkan Raja-raja Kecil atau Oknum-oknum Bos di BUMN

2529
Erick Thohir Peringatkan Raja-raja Kecil atau Oknum-oknum Bos di BUMN
JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa penentuan jabatan di perusahaan plat merah merupakan hal yang penting. Pasalnya, jika tidak atur dengan baik, dikhawatirkan akan adanya penyelewengan kekuasaan.

“Kepemimpinan di BUMN kadang-kadang kita hanya penempatan orang, tetapi tidak dijaga strategis. Ini yang membahayakan sehingga ada ‘raja-raja kecil’ atau oknum-oknum bos,” terang Erick Thohir dalam Forum Diskusi Online IDM, Rabu (20/5).

Hal ini tidak diinginkan, sebab para raja kecil tersebut pastinya akan mencari celah untuk mengeruk keuntungan demi kepentingan pribadinya.ErickThohir pun telah berbicara kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani dan beberapa kementerian terkait pemberian dana ke perusahaan BUMN bisa lebih diperketat lagi.

“Subsidi dan lain-lain bisa langsung ke rakyat, tetapi kalau memang penugasan yang jelas dari pemerintah ya kita juga minta pendanaannya benar-benar didukung, supaya jangan proses ini menjadi kesempatan bagi banyak petinggi BUMN bikin proyek baru,” tutur dia.

Daripada hanya fokus memproses kepemimpinan di BUMN, Erick meminta agar semua pihak dapat membangun ekosistem bisnis yang baik di BUMN, termasuk dengan BUMD, BUMDes hingga perusahaan swasta. Pembagian kluster bisnis BUMN lebih harus diperketat serta berhubungan dengan bidang bisnis agat tidak ada tumpang tindih dalam prosesnya.

Salah satu contohnya adalah industri semen yang dihubungkan dengan industri karya atau konstruksi, kemudian industri farmasi dengan industri rumah sakit. Lalu, industri pangan dengan industri pupuk. Hal ini pun dapat membentuk supply chain yang baik.

“Kita sekarang tidak hanya memroses kepemimpinan tapi memastikan model bisnis pada setiap cluster, dan sekarang kita akan turunkan jumlah cluster kita yang tadinya 27 nanti hanya 12, dan semuanya dihubungkan dengan supply chain,” tutup Erick Thohir.

BACA JUGA:  Pery Rinandar: Kader Demokrat Jangan Asal Bunyi
Artikel sebelumyaBandara Soetta Berlakukan Pemeriksaan Bagi penumpang Yang Tidak Kantongi Hasil Swab PCR dan SIKM
Artikel berikutnyaPelaku UMKM Dukung Kebijakan Erick Thohir Berdayakan Pengusaha Kecil