Ramadhan 1441 H, DDHK Salurkan Rp145 Juta Lebih Zakat Fitri PMI

317
DDHK
HONG KONG—Pada tahun ini Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) menyalurkan dana zakat fitri senilai Rp145 juta lebih yang dibagikan kepada 2.800 penerima manfaat. Dana tersebut dikumpulkan dari pembayaran zakat fitri warga Indonesia, terutama pekerja migran Indonesia (PMI) di Hong Kong dan Macau. (Kamis, 4/06/2020)

“Uang zakat yang disalurkan, alhamdulilah mencapai Rp145.481.400 dan dibagikan kepada 2.800 penerima manfaat yang terdiri dari orang tua lanjut usia, fakir, miskin, dan anak-anak yatim,” kata General Meneger DDHK, Imam Baihaqi.

Penyalurannya sendiri  DDHK di distribusikan ke beberapa lokasi yang umumnya merupakan daerah asal PMI Hong Kong dan Macau. Tercatat, setidaknya 2.800 penerima zakat tersebut tersebar di 27 Kabupaten dan kota di Indonesia.

LOKASI PENYALURAN ZAKAT

Diantaranya, Jakarta, Cirebon, Magetan, Malang Selatan, Lembayan Magetan, Ngoro Jombang, Jember, Tulung Agung, Pacitan, Kebasen Banyumas, Kendal, Mojokerto, Blitar, Malang, Purwodadi, Banjarnegara, Pati, Pekalongan, Kediri, Lombok NTB, Riau, Lampung, Madiun, Rembang, Purwokerto, Ponorogo, Haurgeulis dan Sumedang.

Sebagian juga disalurkan untuk para penerima manfaat di Hong Kong dan Macau.

“Manfaat zakatnya, terutama dibagi di berbagai Provinsi dan daerah di Indonesia. Pembagiannya dalam bentuk dana dan sembako,” kata Imam.

Sepanjang bulan Ramadhan, ungkap Imam Baihaqi, “secara total DDHK berhasil menghimpun dana sebesar HK$386,194 dari masyarakat. Dana sebesar sebesar itu mencakup dana titipan zakat fitri, zakat maal, infak, sedekah, donasi kemanusian, wakaf mushola dan donasi sosial lainnya. Terima Kasih, PMI Hong Kong dan Macau!”

Beberapa lokasi di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi salah satu tempat DDHK penyaluran zakat fitri. Salah satunya, dititipkan kepada lembaga Veteran Indonesia, Dusun Tarum, Kecamatan Sambelia.

Moh. Zaenul Hasan Makripun, Ketua Lembaga tersebut, menyampaikan apresiasi kepada DDHK dan ucapan terima kasih kepada PMI Hong Kong dan Macau.

BACA JUGA:  Pindah ke TV Digital,Ini Cara Dapat Set Top Box Gratis dari Kominfo

“Alhamdulilah, kegiataan ini sangat bermanfaat untuk membantu orang yang kurang mampu. Semoga DDHK tetap solid dalam menebar kebaikan. Jazakumullah khoiron, PMI Hong Kong dan Macau! Semoga menjadi amal yang baik. Orang-orang di dusun kami sangat berterima kasih atas donasi yang didapatkan. Kami sangat berharap kegiataan ini terus berjalan dan jangan lelah dalam menebar kebaikan”, kata Zainul.

Sedangkan Elmi, warga Lenek, Kecamatan Lenek, Lombok Timur mengungkapkan kegembiraannya atas adanya penyaluran dana zakat fitri PMI Hong Kong dan Macau ke kampungnya.

“Kami sangat senang dengan adanya pembagian zakat fitrah yang disalurkan oleh PMI dan Dompet Dhuafa Hong Kong. Apalagi, di saat krisis seperti sekarang ini. Harapan kami kepada para PMI dan DDHK, teruslah berkomitmen memeberikan bantuan kepada masyarakat di kampung, terutama yang sangat membutuhkan. Masyarakat sangat mengapresiasi bantuan yang didapat untuk bertahan hidup di saat pendemi sekarang ini”, katanya.

Sekilas tentang Dompet Dhuafa.

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama kurang 27 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

Sumber: Dompet Dhuafa Jakarta.

Penulis: Fatzry
www.dompetdhuafa.org

Artikel sebelumyaAde Hidayat : Partai Gerindra yang Super Demokratis
Artikel berikutnyaAdaptasi Sistem Kerja ASN Selama Tatanan Normal Baru