Dinsos Pandeglang Buka Ruang Konsultasi Publik Informasi Seputar Bansos Terkait Dampak Covid-19

0
dinsos Pandeglang
PANDEGLANG,Dinas sosial (Dinsos)Kabupaten Pandeglang, Banten membuka ruang konsultasi publik agar masyarakat secara langsung dapat mengakses informasi seputar bantuan sosial terkait dengan dampak Covid-19.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pandeglang Nuriah di Pandeglang, Jumat (5/6/2020), mengatakan sejak 1 Juni 2020 pihaknya membuka ruang layanan informasi publik seputar bansos. Melalui layanan itu, kata dia, masyarakat bisa mendapatkan informasi akurat berkaitan dengan bansos selama pandemi Covid-19.“Melalui ruang informasi publik itu, masyarakat Pandeglang bisa menyampaikan keluhan atau aspirasinya dan mengakses informasi yang berkaitan bansos Covid-19,” ujar Nuriah Kepala Dinas Sosial

Dia menjelaskan ruang informasi publik dibuka karena terbatasnya sarana informasi di Dinas Sosial (Dinsos), seperti Unit Pelayanan Teknis (UPT) di masing-masing kecamatan, sedangkan masyarakat membutuhkan informasi, baik seputar bansos maupun informasi sosial lainnya.

“Sejauh ini sudah banyak warga yang datang untuk berkonsultasi tentang bansos Covid-19. Mulai dari bantuan sosial tunai (BST) serta bansos lainnya,” katanya.

Hasil dari keluhan dan pengaduan warga yang ditampung melalui ruang konsultasi tersebut, katanya, akan direkap dan dirembuk bersama dengan instansi terkait lainnya.

Ia menyebut keluhan warga yang ditampung itu ada kaitannya dengan instansi lain, seperti Disdukcapil, Dinkes, rumah sakit, dan DPMPD.

“Namun dalam pelayanana konsultasi publik itu juga kami tidak lepas dari protokol kesehatan. Warga yang masuk ke ruang konsultasi harus menggunakan masker, cuci tangan, dan penerapan protokol kesehatan lainnya,” ujarnya.

Kepala Bidang Kemiskinan Dinsos Pandeglang Yunisa mengaku hampir setiap hari ada warga datang untuk berkonsultasi.

Pada Jumat (5/6) sudah ada enam orang memanfaatkan layanan itu, seperti warga asal Kecamatan Cigeulis serta kecamatan lainnya.

“Rata-rata yang dikonsultasikan warga seputar BST, seperti kenapa mereka tidak dapat serta berbagai persoalan bansos lainnya,” katanya.

BACA JUGA:  Edhy Prabowo Mundur Dari Kabinet dan Partai Gerindra