PAMSIMAS Serang Berikan Pelatihan Kepada KKM dan Satlak di Desa Parakan

710
PAMSIMAS Serang Berikan Pelatihan Kepada KKM dan Satlak di Desa Parakan
Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Bina Usaha Warga dan Satuan Pelaksana (Satlak), Desa Parakan, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang diberikan Pelatihan Teknik, Kesehatan, dan Disabilitas dalam Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Ruang Meeting Milik Anas Mathofani. Sabtu, 7 Juni 2020
Serang – Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Bina Usaha Warga dan Satuan Pelaksana (Satlak), Desa Parakan, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang diberikan Pelatihan Teknik, Kesehatan, dan Disabilitas dalam Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Ruang Meeting Milik Anas Mathofani. Sabtu, 7 Juni 2020.

Arif Ardiansyah selaku wakil District Coordinator (DC) Pamsimas Kabupaten Serang, menerangkan tujuan pelatihan agar KKM dan Satlak dalam pelaksanaan kegiatan memenuhi standar teknis program PAMSIMAS.

“Air yang diambil masyarakat air permukaan, sedangkan air dari program ini air tanah dalam. Jadi tidak akan berdampak kepada masyarakat sekitar. Pelatihan ini sebagai pegangan KKM dan Satlak kedepan untuk memastikan bahwa pengeboran atau kegiatan pelaksanaanya sesuai dengan pedoman,” paparnya.

BACA JUGA: Lawan Covid-19, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Kirim Bantuan ke Lebak

Ia menambahkan bahwa setelah rampung pembangunan PAMSIMAS, pengelolaan dan pemeliharaannya diserahkan kepada masyarakat selaku pengguna manfaat.

Dilain pihak, Selain memfasilitasi tempat pelatihan, Anas Mathofani, Tokoh Desa Parakan menghibahkan tanahnya untuk dibangun PAMSIMAS agar  bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya hibah-hibah aja engga ada gimana-gimana, artinya apa yang menjadi tujuan dari PAMSIMAS ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Perlu diketahui, sepanjang tahun 2008 sampai 2019, Sebanyak 205 PAMSIMAS telah dibangun di kabupaten Serang. Sedangkan di kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang sendiri untuk tahun 2020 tiga Desa mendapat program PAMSIMAS yakni desa Parakan, Majasari dan Pagintungan.

Artikel sebelumyaLawan Covid-19, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Kirim Bantuan ke Lebak
Artikel berikutnyaDonasi Lewat Digital Naik 122 Persen, Stafsus Wapres Apresiasi Pertumbuhan Donasi Filantropi di Tengah Pandemi Covid-19