New Normal di Pasar Rakyat, Ini 11 Aturannya

1
,Menteri Perdagangan Agus Suparmanto
JAKARTA,Menteri Perdagangan Agus Suparmanto memberikan perhatian serius terhadap keberlangsungan usaha di pasar rakyat. Di masa pandemi Covid-19, ia berulang kali menyatakan pasar rakyat harus tetap beroperasi untuk menggerakkan roda ekonomi masyarakat.

Kendati sebelumnya ia sudah pernah mengatur standar operasional di pasar rakyat, kini Menteri Agus kembali menegaskannya melalui Surat Edaran Nomor 12 Tahun 2020 tentang Pemulihan Aktivitas Perdagangan yang Dilakukan pada Masa Pandemic Corona Virus Disease (Covid-19) dan New Normal.

Ia bilang, ketentuan itu ia keluarkan untuk mengatur penyelenggaraan kegiatan perdagangan pasar rakyat agar ketersediaan dan kelancaran distribusi barang dan jasa kebutuhan masyarakat tetap terjaga selama masa darurat pandemi Covid-19.

Ada 11 protokol yang wajib dipenuhi oleh para pengelola pasar ini:

Pertama, memastikan semua pedagang, pengelola pasar, dan organ pendukung negatif Covid-19 berdasarkan bukti hasil tes PCR/rapid test yang difasikitasu pemerintah daerah setempat, dengan menggunakan masker, face shield dan sarung tangan selama beraktivitas.

Kedua, pedagang yang berdagang di pasar rakyat diatur secara bergiliran dengan jarak antar pedagang minimal 1,5 meter.

Ketiga, sebelum pasar dibuka pada pukul 06.00 sampai dengan 11.00, dilakukan screening awal untuk memastikan suhu tubuh seluruh pedagang, pengelola pasar dan organ pendukungnya di bawah 37,3 derajat Celcius (sesuai dengan ketentuan WHO).

Keempat, melarang masuk orang dengan gejala pernapasan seperti batuk, flu, dan sesak napas.

Kelima, mewajibkan pengunjung menggunakan masker dan menjaga jarak antrean 1,5 meter serta kontrol suhu tubuh pengunjung di bawah 37,3 derajat Celcius (sesuai ketentuan WHO).

Keenam, di area pasar disiapkan tempat cuci tangan, sabun dan hand sanitizer serta menjaga kebersihan dengan melakukan penyemprotan disinfektan di ruangan/lokasi secara berkala setiap dua hari sekali.

BACA JUGA:  Kades Cantik Multitalenta di Lamongan, Sempat Main Film Hingga Rilis Lagu

Ketujuh, menjaga kebersihan lokasi berjualan termasuk lapak, los dan kios sebelum dan sesudah aktivitas perdagangan.

Kedelapan, memelihara bersama kebersihan sarana umum seperti toilet umum, tempat pembuangan sampah, tempat parkir, lantai/selokan, dan tempat makan sebelum dan sesudah aktivitas perdagangan.

Kesembilan, menerapkan pengaturan sirkulasi dan batasan waktu kunjungan serta jumlah pengunjung maksimal 30 persen dari jumlah kunjungan pada saat kondisi normal dengan menerapkan kontrol yang ketat pada pintu masuk dan pintu keluar yang diatur untuk mencegah terjadinya kerumunan sesuai dengan protokol kesehatan.

Kesepuluh, mengatur waktu pemasukan dan pengeluaran barang dagangab dari dan ke pasar rakyat oleh pemasok.

Kesebelas, mengoptimalkan ruang terbuka atau outdoor (tempat parkir dan sebagainya) untuk berjualan dalam rangka physical distancing dengan mengatur jarak antar pedagang dalam rentang minimal dua meter.