Tahapan Pilkada Dimulai 15 Juni, KPU Tangsel Tambah 384 TPS

437
Bambang Dwitoro
TANGSEL,Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangsel, Bambang Dwitoro mengatakan tahapan pelaksanaan Pilkada di kota tersebut akan dimulai pada 15 Juni ini, menyusul adanya keputusan bersama antara penyelenggaran KPU, Bawaslu, DPR dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bahwa waktu pemungutan suara dilaksanakan 9 Desember 2020.

Dijelaskan Bambang, untuk memulai tahapan Pilkada 2020, pihaknya masih menunggu peraturan teknis tentang pelaksanaan tahapan tersebut. Peraturan tahapan tersebut harus diundangkan dan masih berproses di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Kalau untuk tahapan Pilkada nya sendiri, itu belum resmi keluar. Informasi dari KPU pusat, draft tahapan itu sudah selesai dan rapih sejak sepekan sebelumnya. Saat ini masih proses di Kemenkumham. Memakan waktu cukup lama, karena ada tambahan aggaran baru untuk kebutuhan alat pelindung diri (APD). Mengingat, saat ini masih pandemi dan APD itu dibutuhkan,” tutur Bambang.

Selain itu, Bambang juga memastikan akan menambah 384 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pilkada ini. Penambahan TPS itu tertuang pada kesepakatan hasil rapat dengar pendapat (RDP) KPU RI dengan Komisi II DPR RI pada Rabu, 3 Juni 2020 lalu.

“Penambahan TPS tersebut merupakan kebijakan baru yang dikeluarkan akibat imbas wabah virus corona, yang membatasi jumlah orang pada TPS dari 800 orang menjadi 500 orang,” ujar Bambang saat dikonfirmasi, Jumat (5/6/2020).

Sehingga pada Pilkada Tangsel mendatang akan ada sebanyak 2.882 TPS. “KPU Kota Tangsel menyepakati penambahan 384 TPS dari jumlah sebelumnya sebanyak 2.498 unit. Jadi nanti ada sejumlah 2.882 TPS,” pungkasnya

BACA JUGA:  Pindah ke TV Digital,Ini Cara Dapat Set Top Box Gratis dari Kominfo
Artikel sebelumyaTes Lanjutan,Pemain Liga Premier Inggris Negatif Covid-19
Artikel berikutnyaLAC Meminta Pemkot Tangsel Pecat KADIS Lingkungan Hidup