Kakanwil Banten Saksikan Presentasi Inovasi Sistem Keamanan Berbasis Laser

137
1
kakanwil hukum dan ham banten
BANTEN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten (Kakanwil Banten) R. Andika Dwi Prasetya menyaksikan presentasi dan memesan Inovasi Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Sekayu Sumatera Selatan di bidang Teknologi Informasi yang bertempat di Direkorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Persentasi inovasi selain di hadiri Kakanwil kemenkumham wilayah Banten  (Kakanwil Banten)juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Saut Poltak Silitonga, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Sudjonggo, Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Slamet Prihantara, dan Direktur Teknologi Informasi dan Kerja Sama Dodot Adikoeswanto.

Inovasi yang dihasilkan adalah memodifikasi laser menjadi alat sensor yang terpasang di tembok pagar lapas dan rutan. Laser ini akan menjadi penditeksi dini apabila ada warga binaan pemasyarakatan yang sedang memanjat tembok lapas atau rutan, jika laser tersentuh maka alarm yang terhubung akan berbunyi sehingga dapat membantu pentugas yang ada di tower penjagaan dapat mengantisipasi pelarian WBP. Untuk Kakanwil Hukum dan Ham Wilayah Banten  (Kakanwil Banten )alat ini menjadi yang pertama yang dimilikinya

Laser ini juga dapat diintegrasikan dengan kawan listrik kejut melalui arus DC untuk melumpuhkan dan dapat menjadi senjata pelumpuh dengan mengupgrade module laser kekapasitas microwatt (mW) yang lebih tinggi.

Lapas dan Rutan di Wilayah Provinsi Banten berkesempatan menjadi yang pertama untuk mengimplementasikan Inovasi Sistem Keamanan Berbasis Laser.

”Saya sangat mengapresiasi inovasi ini, dalam mengimplementasikan inovasi ini akan ada 2 Kanwil yang akan di jadikan percontohan pemasangan alat ini yaitu Kanwil Sumatera Selatan selaku pembuat dari inovasi ini dan Kanwil Banten yang sudah memesan untuk di implementasikan di lapas rutan Wilayah Provinsi Banten,” kata Reynhard.

BACA JUGA:  Polisi naikkan kasus kerumunan Rizieq Shihab di Bogor ke penyidikan

Sesuai dengan penyataan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Lapas dan Rutan di Wilayah Provinsi Banten akan dijadikan percontohan untuk pemasangan alat keamanan ini.

“Kita akan pesan alat keamanan berbasis laser ini sehingga bisa diimplementasikan di seluruh lapas dan rutan di Wilayah Provinsi Banten, dengan adanya alat ini memudahkan pegawai kita dalam melakukan pengawasan kepada WBP serta meningkatkan keamanan di Lapas Rutan,” ujar Andika.

Kakanwil berharap pegawai Lapas dan Rutan di Wilayah Provinsi Banten dapat menghasilkan inovasi-inovasi seperti ini.

“Dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dapat dihasilkan inovasi yang bermanfaat seperti ini sehingga memudahkan dalam bekerja dan meningkatkan keamanan di lapas dan rutan. Semoga ini juga dapat memotivasi pegawai yang ada dilingkungan kanwil dan upt untuk selalu berinovasi dalam melakukan pemanfaatan Teknologi Informasi,” tambahnya.