Anggota DPR: Pemerintah Harus Serius Perhatikan Keselamatan ABK Di Luar Negeri

137
Anggota DPR: Pemerintah Harus Serius Perhatikan Keselamatan ABK Di Luar Negeri
JAKARTA – Pemerintah diminta lebih serius melindungi para Anak Buah Kapal (ABK) Indonesia yang bekerja di kapal China.“Kalau tenaga asing China dilindungi, mestinya TKI kita juga harus dijamin perlindunganya oleh pemerintah China dan peran itu harus dilakukan oleh pemerintah RI bukan swasta,” ujar anggota DPR RI Jazuli Juwaini, Jumat, 12 Juni 2020.

Menurut anggota DPR RI Jazuli, pemerintah juga harus menghapus berbagai tumpang tindih aturan penempatan ABK kapal dan yang mengakibatkan ABK jadi korban. Jika tidak segera memperbaiki tumpang tindih ini maka menurutnya pemerintah sudah ikut menyumbang kondisi ABK yang tidak terlindungi selama ini.

Jazuli menegaskan bahwa upaya perlindungan harus dilakukan secara komprehensif dari hulu ke hilir untuk memastikan ABK sebelum penempatan maupun ketika mereka bekerja bahkan hingga purna penempatan.“Pemerintah harus memonitor kondisi ABK sebelum, saat bekerja dan setelah pulang ke tanah air,” kata Jazuli. Anggota DPR RI dari Partai PKS ini.

Jazuli menegaskan bahwa perlindungan tenaga kerja Indonesia, khususnya para ABK harus menjadi perhatian serius apalagi setelah munculnya banyak kasus kekerasan dan minimnya fasilitas bagi para ABK Indonesia di kapal China.

“ABK merupakan pahlawan devisa yang harus dilindungi dan diperhatikan dan tidak boleh diabaikan. Cukup sudah pelarungan jenazah tanpa izin keluarga dan lompatnya ABK Indonesia dari kapal China menjadi pelajaran penting,” ungkapnya.

Dia menambahkan pemerintah juga harus serius membangun MoU sebagai payung hukum kerjasama yang mencakup aspek perlindungan menyeluruh terhadap ABK.

BACA JUGA:  Chelsea Merangkak Naik, Ini Hasil Klasemen Liga Inggris