KSAU ,Hari Ini Ke Riau Tinjau Insiden Jatuhnya Pesawat Tempur

0
jenis pesawatBAe Hawk 209
JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo langsung menuju Kota Pekanbaru, karena insiden jatuhnya pesawat tempur TNI AU di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (15/6).

Kapentak Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Sus Zukri, menyatakan, KSAU sedang menuju Pekanbaru, dan meminta kepada pers untuk menunggu agar informasi disampaikan lewat satu pintu. “Mohon kepada awak media berkenan informasi satu pintu, KSAU akan datang ke Pekanbaru, mohon berkenan untuk keterangan nanti akan kita adakan door stop,” kata Zukri.

KSAU sedang menuju Riau ,kita tunggu saja penjelasannya.” sekali lagi Zukri menegaskan

Sebuah pesawat TNI AU jatuh di daerah permukiman penduduk di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin pagi. Saksi mata mengatakan kejadian terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. “Iya ada pesawat jatuh jaraknya sekitar 500 meter dari rumah saya. Kejadian sekira pukul 08.30 WIB,” kata seorang warga Desa Kubang Jaya, Wahyu.

pesawat jatuh

Pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail berhasil selamat menggunakan ejection seat saat pesawat BAe Hawk 209 nomor ekor TT-0209 yang dipilotinya mengalami gangguan teknis menjelang mendarat di runway 36 Lanud Rsn Pekanbaru.

Peristiwa ini terjadi pukul 08.13 WIB saat “Cyborg Flight” yang terdiri dari 3 pesawat, selesai melaksanakan latihan surface attack di Air Weapon Range (AWR) Siabu.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini, sementara penyebabnya masih dalam penyelidikan tim TNI AU.

BACA JUGA:  Polda Metro Jaya akan layangkan panggilan kedua jika Rizieq tidak hadir