BAWASLU Banten:Melalui konten, Humas harus menjadi sumber informasi terpercaya.

1
bawaslu
BANTEN – Peningkatan Kapasitas Kehumasan Bawaslu, Tema Komunikasi Digital Humas Bawaslu. Kamis (18/06/2020) secara Daring yang dibuka oleh Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar.

Humas Bawaslu harus bisa beradaptasi dengan keinginan dan ketertarikan khalayak atas tampilan dan bentuk informasi yang disajikan.

Disampaikan oleh Firman Kurniawan Pemerhati Budaya dan Komunikasi Digital juga Penulis Buku “Digital Dilemma” selaku narasumber bahwa telah terjadi perubahan perilaku publik akibat perubahan media dimana masyarakat memiliki otoritas penuh terhadap informasi yang dikonsumsinya, terjadi demokratisasi informasi, “Bawaslu harus menciptakan kontent yang menarik, yang mencipatakan interaksi, konten yang bermanfaat, sebanyak mungkin agar timbul ketertarikan,” terangnya, .

Tantangan komunikasi di era digital saat ini adalah seringnya terjadi serangan tak terduga, tanpa dialog, terjadi secara massif, dimanfaatkan lawan atau oposisi, cepat menimbulkan kepanikan publik, sehingga perlu penanganan segera.

“Content is a King. Memproduksi konten adalah salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk mengatasi tantangan yang ada,”

Formula Prof Jonah Berger yang bisa dibangun dalam menyajikan dan membuat konten jadi bergaung luas diantaranya bahwa konten harus mengandung unsur stepps (social currency, Trigger, emotion, public, practical value, dan story).

BACA JUGA:  Satpol PP Kota Sukabumi Obok-obok Tempat Indekos, Belasan Pasangan Bukan Muhrim dan Obat Terlarang Diamankan