Serdadu Zionis Blokir Akses Sejumlah Desa di Tepi Barat Menuju Lembah Yordan

2
Serdadu zionis ‘Israel’
PALESTINA – Serdadu zionis ‘Israel’ mulai menempatkan blok-blok semen di jalan-jalan kecil beberapa desa di Tepi Barat yang mengarah ke Lembah Yordan, kantor berita Wafa melaporkan. Saksi mata setempat mengatakan bahwa serdadu sedang mempersiapkan pemisahan fisik wilayah tersebut; sebelum pemisahan politik berdasarkan rencana aneksasi ‘Israel’.

Menurut Kepala Dewan Desa Al-Mughayyer, Amin Abu Elia, serdadu zionis Israel menempatkan blok semen di jalan desa yang menuju jalan raya – yang disebut Allon Road; yang mengarah ke Lembah Yordan.

Blok-blok juga ditempatkan di jalan yang mengarah ke desa-desa terdekat Kufr Malik, timur Ramallah, dan Duma, selatan Nablus.Di situlah, tambah Abu Elia, gerbang besi akan dipasang untuk membatasi akses antara Tepi Barat dan Lembah Yordan.Sekira 56.000 warga Palestina tinggal di Lembah Yordan. Penjajah ‘Israel’  dengan serdadu Zionis Israel mendominasi semua aspek kehidupan sehari-hari mereka.

Rintangan ditempatkan secara berkala di jalan oleh serdadu dan Coordinator of Government Activities in the Territories (COGAT); sebuah unit serdadu, untuk memblokir akses ke desa-desa Palestina, lahan pertanian, dan sumber air.

Lahan pertanian Palestina sering diubah menjadi “zona militer” tertutup.

COGAT bertanggung jawab untuk mengawasi izin bangunan (jarang diberikan kepada warga Palestina), air, pertanian, pembangunan jalan, dan masalah sipil lainnya di Area C.

Diperkirakan rencana aneksasi ‘Israel’ akan mencaplok lebih dari 30 persen dari Tepi Barat yang diduduki.
Ribuan Warga Palestina Hadiri Shalat Subuh Akbar di Baitul Maqdis dan Tepi Barat

BAITUL MAQDIS – Jum’at (19/6/2020), ribuan warga Palestina menghadiri shalat subuh di sejumlah masjid di Baitul Maqdis dan Tepi Barat; sebagai bagian dari Kampanye Subuh Akbar yang baru saja dilanjutkan.

BACA JUGA:  Pedagang Mobil Bekas Ketiban Rezeki di Akhir Tahun

Di Baitul Maqdis, puluhan keluarga Palestina saat dinihari berbondong-bondong ke Masjid al-Aqsha, meskipun dihadang pembatasan dan pos pemeriksaan serdadu zionis ‘Israel’.

Dua hari yang lalu, Syaikh Ikrimah Sabri, Kepala Dewan Tinggi Islam di Baitul Maqdis terjajah dan khatib Al-Aqsha, menyerukan kepada semua warga Palestina yang dapat mencapai Masjid al-Aqsha untuk mengintensifkan kehadiran mereka di tempat suci.

Aksi ini untuk melindungi Masjid Al-Aqsha dari upaya Yahudisa…
Lakukan Serangan Skala Besar di Tepi Barat, Serdadu Sekap 8 Warga Palestina

PALESTINA – Jumat (19/6/2020) dinihari, serdadu zionis ‘Israel’ meluncurkan serangan berskala besar di Tepi Barat.

Serdadu menyekap setidaknya 8 warga Palestina.

Sumber-sumber lokal melaporkan bahwa 8 warga Palestina disekap dari rumah mereka di berbagai daerah di Distrik Tulkarem, Jenin, dan Salfit.

Serdadu menggeledah rumah warga yang disekap, sebelum mereka dipindahkan ke pusat-pusat interogasi ‘Israel’.

Konfrontasi pecah antara serdadu dengan penduduk setempat ketika serdadu menyerang daerah Qabatia di Jenin.

Menurut saksi mata, serdadu menembakkan granat stun dan peluru logam berlapis karet ke warga sipil Palestina.