AFC U16 CHAMPIONSHIP Jepang & Tiongkok Tetap Anggap Indonesia U-16 Tim Kuat

355
pelatih Jepang Yoshiro Moriyama
JAKARTA – Kendati menjadi salah satu unggulan di Piala Asia U-16 2020 yang digulirkan di Bahrain pada 25 November hingga 12 December, Jepang tidak ingin memandang remeh Indonesia. Berdasarkan hasil drawing, Indonesia bergabung di Grup D bersama tiga negara raksasa di Asia. Selain juara tiga kali Jepang, grup ini juga diisi kampiun 1985 dan 1988 Arab Saudi, serta Tiongkok.

pelatih Jepang Yoshiro Moriyama mengaku tidak mudah bagi tim besutannya mengulang sukses dua tahun lalu ketika tampil sebagai juara, serta semi-finalis pada 2016. Hal itu disebabkan pandemi virus Corona di seluruh dunia, termasuk di Negeri Matahari Terbit.

“Saya kira semua akan menghadapi pertandingan sulit, dan tim yang sama kuat. Ini menjadi tantangan ketiga buat saya setelah tahun 2016 dan 2018. Tapi persiapan tim Jepang kali ini akan berbeda, karena adanya pengaruh virus Corona,” kata Moriyama diwartakan laman Soccer Digest.

“Saya hanya akan mengandalkan pengalaman dari dua penyelenggaraan sebelumnya. Saya akan berusaha semaksimal mungkin menyiapkan tim di tengah situasi yang sulit ini.”

Sementara itu, pelatih Tiongkok Antonio Puche Vicente menyatakan, putaran final di Bahrain menjadi ujian sesungguhnya bagi Tiongkok. Menurutnya, seluruh tim yang berada di grup ini merupakan lawan tangguh.

Pada babak kualifikasi, Tiongkok memperoleh hasil impresif. Mereka memperoleh tiga kemenangan dan sekali imbang dengan torehan 28 gol, serta tanpa kebobolan. Kendati berada di pot 4, torehan impresif itu membuat Tiongkok dianggap sebagai kandidat serius. Vicente menyatakan, putaran final di Bahrain menjadi ujian sesungguhnya bagi Tiongkok.

“Setiap tim akan menjadi lawan yang akan sulit kami hadapi. Mereka merupakan lawan-lawan yang kuat. Mereka mempunyai taktik dan gaya bermain berbeda. Ini menjadi tantangan dalam penerapan taktik kami,” ujar Vicente dilansir laman konfederasi sepakbola Asia (AFC).

BACA JUGA:  Penjelasan Bupati Cianjur Herman Suherman, Saat Daerahnya Masuk Zona Merah Untuk Pertama kalinya

Walau begitu, Vincente optimistis Tiongkok akan melaju ke empat besar turnamen kelompok usia ini. Apalagi status semi-finalis bakal membawa mereka ke putaran final Piala Dunia U-17 di Peru pada tahun depan.

Vicente menekankan, persiapan matang menjadi kunci bagi tim besutannya untuk meraih kesuksesan. Ditambah lawan pertama di fase grup adalah Jepang sebelum bertemu Indonesia dan Arab Saudi.

“Kami akan berusaha maksimal untuk memperlihatkan kemampuan terbaik. Kami akan bekerja keras dengan mempersiapkan secara detail, dan berharap meraih hasil terbaik,” ucap juru taktik asal Spanyol itu.

Artikel sebelumyaKapolda Banten Salurkan Bantuan Sembako ke Masyarakat Pesisir
Artikel berikutnya7 Nelayan Hilang di Selat Sunda Masih Dalam Pencarian Basarnas Banten