Merapi Erupsi : Hujan Abu Vulkanik Di Delapan Kecamatan

0
hujan abu di daerah magelang
JAWA TENGAH – GUNUNG Merapi kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/6). Akibatnya, terjadi hujan abu vulkanik kategori ringan hingga deras, yang mengguyur delapan kecamatan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Delapan kecamatan, yaitu Srumbung, Dukun, Sawangan, Salam, Muntulan, Ngluwar, Mungkid dan Borobudur. “Sebaran hujan abu vulkanik erupsi Gunung Merapi ada di delapan kecamatan wilayah Magelang,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto, Minggu (21/6).

Di Kecamatan Srumbung, hujan abu vulkanik yang cukup deras melanda tujuh desa. Rinciannya, Desa Kaliurang, Desa Kemiren, Desa Srumbung, Desa Banyuadem, Desa Kalibening, Desa Ngargosoko dan Desa KradenanAdapun di Kecamatan Dukun, hujan abu ringan melanda lima desa. Di antaranya, Desa Ngargomulyo, Desa Keningar, Desa Sumber, Desa Sengi dan Desa Banyudono. Hujan abu ringan juga mengguyur dua desa di Kecamatan Sawangan, yakni Desa Wonolelo dan Krogowanan.

Tujuh desa di Kecamatan Salam turut diguyur hujan abu vulkanik  ringan. Rinciannya, Desa Gulon, Desa Seloboro, Desa Tirto, Desa Sucen, Desa Kadiluwih, Desa Tersan Gede dan Desa Pucungrejo. Kondisi serupa juga terjadi di lima desa Kecamatan Muntilan, yakni Desa Gunungpring, Desa Sedayu, Desa Adikarto, Desa Tamanagung, dan Kelurahan Muntilan.

Kecamatan Ngluwar, yaitu Desa Plosogede, Desa Blongkeng, Desa Jamus Kauman dan Desa Ngluwar. Serta dua desa di Kecamatan Mungkid, yakni Kelurahan Mungkid dan Desa Pabelan. Tujuh desa di Kecamatan Borobudur juga terdampak hujan abu ringan. Rinciannya, Desa Sambeng, Desa Kenalan, Desa Wanurejo, Desa Ngargogondo, Desa Tuksongo, Desa Wringinputih dan Desa Bumiharjo. Menyikapi peristiwa erupsi, Edy mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Serta, mengikuti informasi dari sumber terpercaya.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil : Batasi 500 Pemilih, KPU Laksanakan Penghitungan Suara Dengan Daring