PPK Kopo : Tantangan Demokrasi Pilbup Serang 2020

490
ppk kopo
Bastomi, Ketua PPK Kopo saat memberikan pengarahan pentingnya menjaga indepensi dan netralitas bagi penyelenggara Pilbup 2020
Serang – Panitia Pemilihan Kecamatan disingkat PPK Kopo, menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) terhadap 30 anggota PPS pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serang, Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kecamatan Kopo. Sabtu, 20 Juni 2020.

Untuk Kecamatan Kopo, dari 10 desa, peserta bimtek dibagi menjadi dua season, dan dalam pengawasan Panwascam Kopo. Seluruh peserta bimtek sebelum memasuki ruangan terlebih dahulu harus menggunakan handsanitizer, pengecekan suhu tubuh dengan thermogun, wajib memakai masker dan menjaga jarak untuk antisipasi dan pencegahan Covid-19.

Bastomi, Ketua PPK Kopo menuturkan bimtek dilaksanakan sesuai dengan arahan KPU Kabupaten Serang, selain menjunjung tinggi nilai demokrasi setiap tahapan harus memperhatikan keselamatan dari bayang-bayang virus Covid-19.

“Tantangan tersendiri melaksanakan kewajiban dengan dihantui ketakutan virus, tetapi kan hal ini memang kewajiban kami selaku penyelanggara, demokrasi penting, kesehatan juga penting, mangkanya kita harus melaksanakan tahapan pemilu sesuai protokol kesehatan,” katanya.

Abidin nasyar ppk kopo
Abidin Nasyar (tengah), Ketua KPU Kabupaten Serang memberikan pengarahan kepada peserta bimtek PPS se-kecamatan Kopo pada season dua pukul 14.00 Wib

Bastomi menambahkan, bahwa tujuan bimtek agar PPS bisa memahami segala aturan yang sudah ditetapkan oleh KPU sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi).

“Secara teknis bimtek seputar tugas dan fungsi wewenang PPS agar netralitas dari setiap personil dapat dipertahankan, meski secara keseliruhan anggota pps bukan orang baru, namun kita mempertegas kembali tupoksi wewenang pps,” pungkasnya.

Dalam waktu dekat, PPK Kopo akan melaksanakan rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dalam melakukan tugasnya PPDP akan dilengkapi Alat Pelindung Duri (APD).

Artikel sebelumyaKemendagri Optimis Pilkada Serentak Tetap Digelar 9 Desember, Walau ditengah Pandemi Corona
Artikel berikutnyaGMNI Lebak Peringati 50 Tahun Haul Bung Karno