Pencari Kerja Paska Lebaran Mulai Banjiri Jakarta dan Tangerang Raya

0
pencari kerja
LEBAK – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lebak mencatat terdapat 1.200 warga Lebak mengajukan permohonan kartu pencari kerja (AK-1). Jumlah tersebut hasil akumulatif tanggal 26 Mei sampai 10 Juni 2020.

Kepala Disnakertrans Lebak, Tajudin Yamin mengatakan pemohon AK-1 atau kartu kuning  pencari kerja mengalami lonjakan menjelang kenormalan baru atau new normal. Hal itu disebabkan perusahaan-perusahaan sedikit demi sedikit mulai beroperasi.

“Ada peningkatan pencari kerja setelah Lebaran dan juga masa transisi new normal ini, sehari bisa sampai 100 orang lebih. Dibandingkan pada bulan sebelumnya hanya sebanyak 5 orang perharinya,” kata Tajudin, belum lama ini.

Menurutnya, para pencaker tersebut didominasi oleh para remaja yang baru saja lulus dari Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) pada tahun ajaran 2019/2020 ini.

Mereka mengajukan permohonan untuk bekerja diluar daerah Lebak, seperti Serang, Tangerang Raya, dan Jakarta. Untuk wilayah Lebak sendiri, tambahnya, masih berkosentrasi untuk memperkerjakan kembali karyawannya yang dirumahkan.

“Yang jelas dampak Covid-19 ini sangatlah luar biasa bagi perusahaan-perusahaan, mereka masih berkosentrasi untuk memperkerjakan kembali karyawannya yang dirumahkan. Tapi Insya Allah nanti akan ada rekrutmen dari PT Indomarco,” tuturnya.

Ia memastikan, walaupun pencaker setiap hari berjumlah ratusan orang, pihaknya tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan, dengan wajibkan para pencaker untuk mencuci tangan, mengenakan masker, dan juga menjaga jarak.

“Sebelum mengajukan, pemohon diharuskan untuk mencuci tangan, mengenakan masker dan menjaga jarak antar pencaker,” katanya.

BACA JUGA:  Nadiem Makarim: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi PPPK