Sekda Muhammad Dapat Tambahan Dukungan Dari Hanura, Begini Peta Sementara Pilkada Tangsel

2
pilkada Tangsel
TANGSEL – Sekretaris Daerah (Sekda) Tangsel, Muhamad memastikan tambahan dukungan untuk bertarung di Pilkada Tangsel 2020 ini. Kepastian itu menyusul dikeluarkannya SK dukungan oleh DPP Hanura.

Partai pimpinan Oesman Sapta (OSO) itu sudah menerbitkan Surat Keputusan (SK) dukungan yang ditandatangani oleh OSO dan Sekjen Gede Pasek Suardika.Muhammad rencananya akan disandingkan dengan Ketua DPW PSI Banten Azmi Abubakar sebagai bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam Pilkada Tangsel 2020.

“Kemarin Rabu TPP (Tim Pilkada Pusat) Hanura sudah menyerahkan rekomendasi dan SK dukungan untuk Muhammad dan Azmi untuk maju,” kata Ketua DPC Hanura Kota Tangsel Amar, Kamis (2/7/2020). Meski demikian, Hanura dan PSI masih harus mencari koalisi partai lain di Pilkada Tangsel agar bisa mendaftarkan bakal pasangan calon yang diusungnya dalam kontestasi politik di Tangsel. Pasalnya, saat ini Hanura hanya memiliki satu kursi dan PSI empat kursi di DPRD kota Tangsel.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, syarat partai politik (parpol) untuk mendaftarkan pasangan calon harus memenuhi perolehan paling sedikit 20 persen di DPRD. Jumlah seluruh kursi di DPRD Tangsel adalah 50. Dengan demikian, 20 persen dari jumlah tersebut adalah 10 kursi.

“Ya mudah-mudahan ada partai lain yang mungkin dalam waktu dekat ini mengeluarkan rekomendasinya, ini masih dalam proses,” harapnya.

Hingga kini, kontestasi politik pada Pilkada Tangsel semakin ramai setelah mengerucutnya sejumlah nama yang telah didukung oleh partai. Seperti Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan yang sudah mendapatkan dukungan dari DPD Golkar Tangsel.

Pilar merupakan putra Ratu Tatu Chasanah, ketua DPD Golkar Banten sekaligus Bupati Serang saat ini. Sementara Benyamin Davnie, merupakan Wakil Wali Kota Tangsel selama dua periode.

BACA JUGA:  Di Jawa tengah Kasus Positif Tinggi, Ternyata Rilis Satgas Pusat Keliru Terjadi Dobel Data

Selain itu, ada Partai Gerindra Tangsel yang merekomendasikan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dan tengah menunggu persetujuan resmi dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Ada pula nama Siti Nur Azizah, putri dari Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Siti Nur Azizah sendiri sudah mendapatkan dukungan dari Partai Demokrat dan akan didampingi politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ruhama Ben. Selain Demokrat dan PKS, pasangan ini dikabarkan telah disetujui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN) hanya PDIP Tangsel yang belum menyatakan kemana arah dukungannya sampai saat ini .