Bawaslu Serang Awasi Ketat Proses Pemutakhiran Data Pemilih

1
bawaslu serang
Bawaslu kabupaten Serang sosilaisasikan pengawasan partisipatif untuk Pilbup Serang 2020
Bawaslu Serang meminta masyarakat berperan aktif dalam pengawasan partisipatif pada setiap tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serang 2020. Terdekat tahapan itu, Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Hal itu tergambar saat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Serang menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Gedung Serbaguna kecamatan Kopo, Serang-Banten. Minggu, 12 Juli 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Serang, Yadi menyarankan, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih mematuhi aturan sesuai dengan asas dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh KPU dalam teknis pelaksanaanya.

“Metodenya kan sensus tidak boleh di tebak-tebak jadi PPDP tetap harus turun ke lapangan melakukan verifikasi faktual. Misalnya mereka melakukan proses Coklit kemudian diluar dari pada yang ditentuan kami selaku pengawas pemilu akan melakukan tindakan sesuai dengan yang diatur juga di Bawaslu,” katanya.

Yadi juga mengatakan bahwa masyarakat dapat melaporkan temuan pelanggaran pemilu kepada Bawaslu. Pelaporan dapat dilakukan secara langsung atau online.

“Pelaporan secara online bisa melalui email, akun sosial media Bawaslu, layanan kontak juga kami sediakan,” pungkasnya.

bawaslu serang sosialisasi pengawasan partisipatif
Tokoh Agama , Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda ikuti sosialisasi partisipatif Bawaslu Serang

Ditempat yang sama, salah satu narasumber sosialisasi, Apipi mantan komisioner KPU Lebak mengatakan masyarakat untuk aktif melakukan pengawasan dalam rangka menjaga kualitas demokrasi pada Pilbup Serang 2020.

“Pemilihan Bupati Serang ini kan milik warga serang semua. Dari mulai tahapan pertama, pencocokan dan penelitian data pemilih sampai nanti rekapitulasi itu harus di awasi semua, karena kalau mengandalkan petugas saja Bawaslu kan anggotanya terbatas,” katanya.

BACA JUGA:  Benarkah Rahayu Saraswati Terlibat Kasus Suap Edhy Prabowo?