Bawaslu Banten Beberkan Hasil Pengawasan Verfak

340
Bawaslu Banten ft istimewa
BANTEN – Pengawasan verifikasi faktual (Verfak) Bakal Calon Perseorangan dilaksanakan selama 14 hari, dari tanggal 24 Juni -hingga 12 Juli 2020, hari ini melalui konferensi pers Bawaslu Banten beberkan hasil pengawasan verfak dan Pemetaan Pengawasan. Daftar Pemilih Pemilihan Serentak Tahun 2020.Serang,Selasa 14 Juli 2020. Verfak calon perseorangan merupakan tahapan untuk memastikan keterpenuhan syarat calon Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota pada Pilkada serentak putaran keempat tahun 2020.

Ketua Bawaslu Banten  Abhan mengatakan dalam konferensi pers,” dari hasil pengawasan verfak bakal calon perseorangan, pengawas pemilihan menemukan dokumen dukungan yang dalam identitasnya tertulis pekerjaan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 6.492 pendukung dan Penyelengara Pemilihan sebanyak 4.411 dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).”

Atas hal ini dokumen dukungan itu dinyatakan tidak mendukung bakal calon tersebut. Temuan tersebut tersebar di 79 kabupaten/ kota yang menggelar Pemilihan 2020. Temuan lainya yang didapatkan Bawaslu Banten  terkait dengan proses verfak adalah pendukung tidak dapat ditemui karena tidak ada di tempat dengan keterangan sedang bekerja dan bepergian. Verifikasi kemudian dilaksanakan pada malam hari untuk dapat menemui pendukung tersebut.

Dalam pelaksanaan verifikasi, ditemukan pula pendukung yang sudah meninggal dunia, pendukung ganda, pendukung yang sudah pindah domisili dan keterangan yang tidak semua dengan data diri pendukung. Terhadap temuan tersebut, Pengawas Kelurahan/Desa melakukan saran perbaikan dan mencatat dalam formulir hasil pengawasan untuk disampaikan ke Panwascam.

BACA JUGA:  Pemkot Tangerang Lalai Akan Putusan penetapan perintah eksekusi Pengadilan Negeri Tangerang
Artikel sebelumyaSebanyak 18 Lembaga Negara Akan Dibubarkan, Ini Bukan Hal Baru bagi Presiden Jokowi
Artikel berikutnyaHeboh, Foto Mesra Prilly Latuconsina dan Reza Rahardian, Nikah?