Mekanisme Penerbitan SIM Internasional di Masa New Normal

1
Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Istiono.
JAKARTA – Korlantas Polri melakukan pembaharuan sistem mekanisme penerbitan SIM Internasional secara bisa online ‘dari rumah saja’ secara cepat, akurat, dan mudah. Hal tersebut dilakukan terkait dengan masa “new normal” dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, serta salah satu bentuk peningkatan pelayanan publik Polri yang berbasis IT.

“Hari ini kita adakan sebuah terobosan inovasi baru pelayanan publik di Korlantas kaitannya dengan pelayanan SIM Internasional di rumah saja.” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Istiono.

Kakorlantas menambahkan bahwa kedepannya akan ada program lain selain pelayanan SIM Internasional, yang selalu berorientasi pada apa yang menjadi harapan dan keinginan masyarakat.

“Ini juga merupakan perkembangan pelayanan yang berdasarkan kebijakan Kapolri yakni berbasis IT yang memudahkan pelayanan publik dengan cepat dan tepat,” terang Kakorlantas.

Mekanisme pelayanan penerbitan SIM Internasional dari rumah saja ‘New Mechanism In New Normal‘ ini, Korlantas Polri bekerjasama dengan BRI yang berfungsi sebagai keamanan virtual pembayaran administrasi, PT Pos Indonesia dan PT Gojek yang bertugas dalam keamanan pelayanan kurir SIM Internasional hingga tiba di rumah masing-masing pemohon. Masyarakat dapat mendaftar melalui website https://siminternasional.korlantas.polri.go.id/ , kemudian ikuti petunjuk dan ketentuan yang tertera.

“Cukup melalui website dan nantinya SIM Internasional akan diantar langsung ke rumah pemohon sesuai dengan alamat yang tertera di KTP. Kita mengantar dengan Pos dan Gojek. Pos untuk pemohon luar kota, sedangkan Gojek untuk pemohon seputar Jakarta,” jelas Kakorlantas.

Peluncuran mekanisme penerbitan SIM Internasional dari rumah saja dilangsungkan di gedung NTMC Polri, Jakarta, Rabu (15/7/2020). Turut hadir Dir Gakkum Korlantas Brigjen Pol Kushariyanto, Dir Regident Korlantas Brigjen Pol Yusuf, Dirlantas Polda Metro Kombes Pol Sambodo, Bank BRI Mohammad Choliq, pejabat umum Korlantas Polri, serta disaksikan melalui video confrence langsung oleh Pimpinan Bank BNI, PT Pos Indonesia, PT Gojek, Dirlantas se-Indonesia, Kasubdit Regident, Kasi SIM, dan Kasatlantas se-Indonesia.

BACA JUGA:  Pemerintah Bubarkan 10 Lembaga Nonstruktural, Pertimbangan Efektivitas dan Efisiensi

“Terima kasih atas partisipasi dan dukungannya dalam program penerbitan SIM dengan mekanisme baru ‘dirumah saja’ di era adaptasi kebiasaan baru yang terkait pelayanan SIM Internasional,” Kakorlantas.