Kontestansi Pilkada Tangsel Dikuasai Keluarga Elite Politik, Golkar Perkuat Petahana

440
Kontestansi Pilkada Tangsel Dikuasai Keluarga Elite Politik, Golkar Perkuat Petahana
Tangsel – Persaingan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 semakin ketat. Sampai saat ini sudah terdapat tiga bakal pasangan calon yang menyatakan akan maju pada Pilkada Tangsel dengan dukungan dari koalisi partai-partai besar.

Golkar dan PPP telah resmi melabuhkan dukungan pada Pilwalkot Tangerang Selatan. Golkar-PPP akan mengusung Benyamin Davnie dan Pilar Saga sebagai calon wali kota dan wakil wali kota.

Benyamin Davnie saat ini merupakan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan. Sedangkan Pilar Saga merupakan kader Golkar Banten. Pilar juga merupakan anak Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Wasekjen PPP Achmad Baidowi menjelaskan SK rekomendasi untuk Benyamin-Pilar sudah diserahkan. Pria yang akrab disapa Awiek itu mengatakan dukungan kepada Benyamin-Pilar merupakan aspirasi dari kader PPP.

“Meskipun PPP tidak ada kursi di Tangsel, tapi perolehan suara cukup signifikan. Pilihan kepada Benyamin pilar berdasarkan aspirasi dari tokoh-tokoh PPP dan kader PPP. Bang Ben sudah berpengalaman di birokrasi sehingga layak memimpin Tangsel,” tuturnya.

Sampai saat ini sudah terdapat tiga bakal pasangan calon yang menyatakan akan maju pada Pilkada Tangsel dengan dukungan dari koalisi partai-partai besar.

BACA JUGA: Data Pemilih di Tangerang Selatan,Selisih 35 202

Sementara Sekda Tangsel Muhamad dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo atau Sara yang mendapatkan rekomendasi dari Partai Gerindra dan juga bakal didukung PDI Perjuangan.

Selain itu, terdapat Siti Nur Azizah Ma’ruf dan Ruhama Ben. Pasangan yang direkomendasikan Partai Demokrat dan akan mendapatkan dukungan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan bahwa bakal calon dari petahana pada Pilkada Tangsel 2020 tak sekuat tahun-tahun sebelumnya.

Hal tersebut karena kontestasi politik yang memperebutkan kursi nomor satu ini di Tangsel ini diikuti oleh bakal pasangan calon yang berasal dari keluarga elit politik.

BACA JUGA:  IGI TANGERANG SELATAN LAKSANAKAN SOSIALISASI 4 PILAR MPR RI

“Penantangnya Benyamin sama Pilar ini tangguh kuat, mesin politiknya sama-sama solid. Jadi enggak bisa dianggap remeh persaingan ini,” ujarnya kseperti dilensir Kompas.com Kamis (23/7/2020) kemarin.

Sebut saja nama Siti Nur Azizah Ma’ruf, anak dari Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yang akan maju bersama kader PKS Ruhama Ben.

BACA JUGA: Partai Gerindra Tancap Gas usai pengumuman untuk Muhamad – Saraswati

Azizah Mar’uf-Ruhama Ben memiliki bekal yang cukup untuk melawan petahana dengan basis massa pendukung yang cukup solid dari partai yang merekomendasikanya.

“Putri Ma’ruf Amin sudah lama juga melakukan sosialisasi dan kampanye politik. Ditambah Ruhama Ben didukung oleh mesin partai politik PKS yang memang relatif solid di Tangerang Selatan ini,” ungkapnya.

Begitu pula nama Rahayu Saraswati Djojohadikusumo atau Sara yang merupakan keponakan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Sara akan menjadi bakal calon wakil wali kota dari Sekretaris Daerah (Sekda) Tangsel Muhamad.

Menurut Adi, bakal calon pasangan Muhamad-Sara sudah memiliki bekal elektoral yang cukup kuat karena status Muhamad sebagai Sekretaris Daerah Tangsel.

Selain itu, pasangan tersebut juga didukung oleh koalisi partai politik yang cukup solid dan dinilai Adi sedang berada pada perfoma terbaiknya.

“PDI-P, Gerindra, sama Hanura, kalau jadi bergabung akan ada PSI. Itu saya kira paduan yang klop, yang bisa mengancam posisi petahana,” kata Adi.(***)

Artikel sebelumyaRahayu Saraswati Djojohadikusumo
Artikel berikutnyaKasus Kematian Editor Metro TV Ditarik ke Polda Metro, Polisi Segera Ungkap Hasil Penyelidikan