Pilkada Tangsel 2020 Perang Dinasti, Apakah Wapres Akan Turun Tangan?

250
2
Pilkada Tangsel Perang Dinasti, Apakah Wapres Akan Turun Tangan?
INDEKSNEWS.COM– Pilkada Serentak 2020 berpotensi perang bintang para elite politik di sejumlah daerah, salah satunya di kota Tangerang Selatan (Tangsel). Seperti diketahui, ada tiga pasangan calon yang akan ikut berlaga merebut tahta di Pilkada Tangerang Selatan.

Tiga pasangan calon tersebut terdiri dari pasangan Benyamin Davnie-Pilar yang diusung oleh partai Golkar dan PPP. Siti Nur Azizah-Ruhamaben yang diusung partai Demokrat dan PKS dan pasangan Muhammad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo diusung oleh PDI Perjuangan dan partai Gerindra.

Informasi, ketiga pasangan calon tersebut tak terlepas dari trahnya masing-masing. Pertama, untuk pasangan Benyamin Davnie-Pilar merupakan pasangan yang didukung trah ‘Rau’ yang saat ini diwakili Airin Rachmi Diany.

Kedua, pasangan Siti Nur Azizah-Ruhamaben dinilai representasi dari keluarga Wakil Presiden. Sebab, Siti Nur Azizah sendiri adalah anak kandung Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin.

BACA JUGA: Warga Dibolehkan Miliki Senjata Api, Netizen Geram dan Bilang Ngawur

Ketiga, pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo yang merupakan representasi yang diusung oleh mantan Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto, yang saat ini ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Pertahanan.

Pengamat Politik dari Lembaga Studi Pemilu dan Politik, Sendy Vicky Sutikno saat berbincang dengan wartawan lewat sambungan telepon, Minggu (26/07) mengatakan, arena Pilkada Tangerang Selatan saat ini akan menarik banyak perhatian publik dan elite politik.

Hal itu, menurut Sendy disebabkan karena, Tangerang Selatan adalah wilayah strategis dan memiliki sumber APBD yang sangat besar di Provinsi Banten, sehingga menjadi daya tarik bagi para elite untuk bertaruh.

“Saya melihatnya ini sebagai pertarungan ketiga Kekuatan politik besar di Banten. Bagaimanapun Tangsel ini termasuk primadona setelah DKI Jakarta. Apalagi jika melihat proyeksi ke depan yang nampaknya bakal menjadi kota kelas dunia dengan segala potensi yang menggiurkan,” kata Sendy, Minggu (26/07) kepada wartawan.

BACA JUGA:  Asistensi Anti Dumping KADI di Kota Tangsel, untuk Lindungi Produsen

Namun demikian, Ia berpandangan, dalam gelaran Pilkada Tangerang Selatan saat ini, tumpuan kekuatan diantara tiga pasangan calon itu, hanya ada pada elite lokal. Sendy yakin, Ma’ruf Amin tidak akan turun tangan mengurusi suksesi untuk anaknya sendiri.

“Saya kira tidak mungkin Ma’ruf Amin mau ikut turun tangan mengurusi suksesi di Tangsel. Dia baru saja menjabat jadi wapres dan itu hal baru baginya. Secara teknis keluarga ini juga tak punya pengalaman dalam hal pemenangan teknis pemilu, kemarin bisa jadi wapres juga karena diajak Jokowi,” tegasnya.

Ia menjelaskan, meskipun saat ini pasangan calon di Pilkada Tangerang Selatan diramaikan oleh anak Wakil Presiden, Ma’ruf Amin dan Keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang harus dicatat posisi tawar keluarga Airin di mata Presiden Jokowi cukup tinggi.

Sebab, sambung Sendy, Pilpres 2019 kemarin, suara pasangan Jokowi dan Ma’ruf Amin yang saat ini di daulat menjadi Presiden dan Wakil Presiden itu, unggul di Kota Tangsel.

“Saya menduga kontestasi Pilkada Tangsel akan berlangsung alamiah. Siapa yang bekerja keras dan mampu memanfaatkan waktu untuk menarik hati para pemilih, akan menang. Saya sendiri menilai posisi Airin masih sangat kuat untuk menjadi endoser bagi pasangan Benyamin-Pilar, artinya, pasangan Ben-Pilar punya peluang lebih tinggi untuk menang dibanding pasangan Muhammad-Rahayu atau Nurazizah-Ruhamaben” pungkas Sendy. (Haji Merah).