Penerus Otoriter Orde Baru, Ada di PTPN

116
Penerus otoriter orde baru. Ada di PTPN
JAKARTA – Saat ini semua unsur masyarakat mengalami reformasi. Kecuali satu unsur yang masih bergaya orde baru. Yaitu kaum profesional corporation. Seorang direktur dengan jumawa, mengatakan saya apalah anak usaha PTPN III. Jadi saya hanya berurusan kepada direktur utama PTPN III. Walaupun kenyataannya dirutnya masuk KPK.

Ada lagi Slamet Jumantoro direktur pemasaran PTPN X, saya ini temannya Fardjroel!. Jabatan sudah menjadi barang gadai. Dianggap negara ini digadai kepada dirinya. Bapak kenal fadjroel? Loh kita ini ngomong sama direktur marketing gayanya mirip Ken Arok. Ape lo.

Kaum profesional corporate sudah mirip gaya Komandan kodim. Terserah! Gayanya Henky, corporate legal manager grup Astra bergaya, Terserah! Tidak jelas yang bersangkutan itu manager Astra. Kalau TP Rahmat mendeteksi gaya profesional Astra mirip PLN begini begitupun PTPN , dia menyesal menerima gelar Doktor Honoris Causa melihat kelakuan manager Astra begini.

Customer is King, king is dead.

Zaman dulu ada pameo Customer is King. Sekarang King is dead. Perilaku otoeiter sekarang memiliki semangat Keuangan yang maha kuasa.