Tudingan Adian Terhadap BUMN, Konglomerat Ogah Terhadap Megawati dan Prabowo

Tudingan Adian Terhadap BUMN, Konglomerat Ogah Terhadap Megawati dan Prabowo
Banten.indeksnews.com – Karena itu komisaris BUMN dari PDIP ditolak. Perseteruan antara Adian Napitupulu dengan kubu Menteri BUMN, Erick Thohir terus berlanjut. Polemik ini bermula ketika Adian menuding banyak titipan di posisi direksi dan komisaris BUMN.

Eks aktivis 1998 yang juga politisi PDI-P ini menuding, proses seleksi jabatan petinggi di perusahaan pelat merah, termasuk anak dan cucu perusahaan BUMN, tak transparan. Padahal, pengelolaan aset negara haruslah transparan dan bisa diketahui publik.

BUMN diduga juga terlibat dalam monopoli oli untuk itu Komisi Pengawas Persaingan Usaha segera menyidangkan PT Astra Honda Motor .Dalam perkara dugaan perjanjian tertutup terkait pemasaran produk pelumas sepeda motor.

Deputi Penindakan Hukum Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Hadi Susanto menjelaskan bahwa perkara ini bermula dari kedatangan Asosiasi Pelumas Indonesia (Aspelindo) yang menyampaikan keluhan bahwa mereka kesulitan memasarkan produk karena adanya dugaan monopoli pasar.

“Mereka datang satu tahun yang lalu kemudian berdiskusi dengan kita dan menyampaikan keluhan kesulitan memasarkan produknya di bengkel-bengkel yang merupakan link dari AHM. Memang bengkel-bengkel yang berada di bawah AHM, tersebar di seluruh Indonesia sampai ke pelosok-pelosok,” ujarnya

Sejarah monopoli oli adalah kisah Federal oil group Astra atau tepatnya MPM. Federal oil memegang monopoli oli di bengkel Honda.

Yang tidak diketahui adalah bengkel Honda walaupun secara teknik melapor kepada Astra Honda Motor namun kepemilikan Dealer Honda bukan pada AHM namun terbagi 3 zona. Zona jawa bali dikuasai MPM, sisanya di Sumatra, dan indonesia timur yang lebih kecil. Dominasi dealer ada pada MPM.

Oleh karena itu kasus monopoli oli adalah puncak gunung es, lebih lanjut Honda memonopoli jalur distribusi, dengan menguasai jaringan dealer nasional lebih dari 70% di tangan sendiri, yaitu grup MPM.

BACA JUGA:  Bencana Longsor Hebat di Cianjur, Satu Warga Meningal

Grup MPM adalah tier ketiga dari Astra grup, dan tier kedua dan ketiga ini dikuasai oleh grup Saratoga.

Customer is King, king is dead.

Zaman dulu ada pameo Customer is King. Sekarang King is dead. Perilaku otoeiter sekarang memiliki semangat Keuangan yang maha kuasa.

Coba lihat, Menteri BUMN itu karyawan grup Astra. Sandiaga Uno pun direktur grup Astra ini sudah menjadi Republik Astra. Alhasil kasus KPPU Astra Honda dihukum bersama Yamaha, mereka abai. Sekarang dihukum KPPU kasus kedua, ketiga, dll

Tidak ada yang tahu, bahwa Adian Napitupulu tidak dapat menembus Erick karena titik lemah Erick adalah pada posisi Boy Tohir. Kunci kemenangan capres 2023 ada di sini.

Oleh: Ir. Goenardjoadi Goenawan, MM, (Alumni IPB Teknologi Pangan, dan Magister Manajemen Universitas Indonesia Lulus 1989)