Wacana Pilkada 2020 Jadi Gerakan Melawan Covid

48
Tito Karnavian
JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sepakat mengusung tema Pilkada Sebagai Gerakan Perlawanan Covid-19. Tema tersebut diyakini mendorong peserta pemilihan kepala daerah beradu strategi dan bertindak menekan penyebaran virus korona.

Pilkada 2020 Ini momentum emas dalam rangka menurunkan penyebaran Covid-19,” kata Mendagri Tito Karnavian seusai bertemu dengan Pimpinan KPU di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis (30/7/2020). Sejumlah kalangan mendukung dan mengapresiasi wacana Mendagri Tito Karnavian yang juga disepakati KPU tersebut. Perkumpulan dai dan mubaligh Jaringan Islam Kebangsaan (JIK) mengungkapkan apresiasinya pada ide dan wacana Mendagri Tito Karnavian.

“Ide menarik dan kongkret Mendagri Tito Karnavian menjadikan Pilkada Serentak 2020 menjadi Gerakan Melawan Covid seolah menjadi oase di padang tandus. Patut didukung bersama karena akan memacu daerah-daerah all out untuk menekan penyebaran Covid-19. Pengendalian penyebaran pandemi akan sulit ditangani oleh pemerintah saja karena sebagian urusan pemerintahan ada pada pemerintah daerah yang otonom,” ungkap Irfaan Sanoesi, Koordinator Nasional JIK.