Sempat Istirahat di Cilegon, Ratusan Petani Deli Serdang Jalan Kaki ke Jakarta Demi Tuntut Keadilan

Sempat Istirahat di Cilegon, Ratusan Petani Deli Serdang Jalan Kaki ke Jakarta Demi Tuntut Keadilan
Ratusan petani asal Deli Serdang Sumatera Utara melepas lelah di Gedung Cilegon Creative Center (GCC)
CILEGONRatusan petani asal Deli Serdang Sumatera Utara menempuh perjalanan dengan berjalan kaki sejauh ribuan kilometer dan menyebrangi laut Selat Sunda, ratusan petani asal Deli Serdang, Sumatera Utara yang akan menuju Istana Negara, memilih Kota Cilegon yang dilintasinya sebagai tempat beristirahat.

Rencananya para petani menuntut keadilan yang kini tengah bersengketa dengan PT Perkebunan Nusantara II (PTPN II) atas lahan seluas 854,26 hektare di Kecamatan Pancur Batu, Deli Serdang, Sumatera Utara tersebut menuju ke Istana Negara untuk menemui presiden Jokowi.

Setelah turun dari kapal di Dermaga 3 ASDP Merak pada Senin (3/7/2020) malam sekitar pukul 23.00 WIB, rombongan sebanyak 170 petani melanjutkan aksi jalan kaki melintasi Kota Cilegon dan sampai di Gedung Cilegon Creative Center (GCC) untuk melepas lelah sekitar pukul 01.20 WIB.

BACA JUGA: Sepak Terjang Anita Kolopaking Dipusaran Kasus Djoko Tjandra Yang Berakhir Jadi Tersangka

Kedatangan para petani asal Deli Serdang itu disambut hangat oleh pengelola GCC, Aip Saifulloh. Pihaknya mengaku senang menyambut kedatangan mereka dan mempersilahkannya untuk bermalam.

Aip Syaifullah mengatakan, pihaknya memfasilitasi atas dasar kemanusiaan, karena para petani tersebut sudah berjalan kaki selama sebulan lebih.

”Sebagai pengelola saya merasa senang mereka bisa menginap dan kami coba fasilitasi apa yang diinginkan oleh mereka. Rencananya rombongan petani akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta. Kami juga sudah menyediakan konsumsi buat mereka sumbangan dari warga lainnya,” ujarnya, Selasa (4/8/2020).

BACA JUGA: Kota Cilegon Hari Ini Gelar KMB Tatap Muka, Satgas Pantau Fasilitas Sekolah

Sekira pukul 10 pagi, rombongan petani melanjutkan aksinya berjalan kaki ke Jakarta untuk menuju istana. Sebelum tiba di istana Negara, ratusan petani ini rencananya akan singgah di Kabupaten Serang dan menggelar aksi untuk meminta dukungan dari Pemkab Serang.

Diketahui, ratusan petani tersebut rencananya akan menemui Presiden Jokowi di untuk mengadukan perihal dugaan penyerobotan tanah yang dilakukan oleh PTPN II.(***)