KAMI Deklarasi di Tugu Proklamasi 18 Agustus Pagi

1
kami persiapan
Acara konferensi pers persiapan deklarasi KAMI di Tugu Proklamasi pada 18 Agustus 2020, di Priority Sky Ballroom 3, Hotel Aston Priority Simatupang and Conference Center
JAKARTA, banten.indeksnews.com – Sejumlah tokoh dikabarkan akan ikut menghadiri deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta, pada hari Selasa 18 Agustus 2020 nanti.

“Kami mengundang kurang lebih 300 sampai 500 tokoh,” kata Ketua Komite Kerja KAMI, Ahmad Yani dalam konferensi persnya di tempat mewah, Hotel Aston Priority, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (15/8/2020).

“Acara KAMI ini sudah kami beritahukan pada Polisi, dan sudah dapat izin pelaksanaan dari Gubernur DKI Jakarta,” ujarnya.

Dan di tengah pandemi COVID-19 ini, aktivis yang berprofesi sebagai pengacara itu pun menyatakan akan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kita juga tetap mematuhi protokol kesehatan. Kami siapakan juga tempat cuci tangan. Yang datang juga diharapkan untuk bawa masker. Nanti juga Ada petugas parkir nanti akan mengarahkan kendaraan tamu yg akan hadir,” terangnya.

Untuk menghindari stigma negatif terkait dengan gerakan mereka itu, Yani juga menyatakan bahwa seluruh simpatisan dan tokoh tidak akan menggunakan atribut apapun yang menyatakan posisinya sebagai ormas atau lembaga tertentu.

“Bendera yang diperkenankan adalah merah putih, umbul umbul merah putih, para deklarator nanti akan pakai baju batik. Dan tidak diperkenankan membawa atribut-atribut yang yg berbau ormas-ormas, hanya merah putih saja yang diperbolehkan,” tegasnya.

Sementara itu, Panitia Pelaksana Deklarasi KAMI, Andrianto menyampaikan sekilas tentang susunan acara yang akan dilakukan di kawasan Tugu Proklamasi tersebut.

“Susunan acara, pukul 09.00 WUB mulai registrasi peserta dan rekan-rekan media, acara dimulai pukul 10.00 WIB dengan pembukan oleh MC, Doa, menyanyikan Indonesia Raya, membaca teks proklamasi, membaca pancasila, membaca pembukaan UUD 45, mengheningkan cipta, barulah acara inti Deklarasi,” jelas Andrianto.

BACA JUGA:  Polda Metro Jaya Tangkap 6 Pelaku Begal Spesialis Pesepeda

Selanjutnya, acara akan dilanjutkan dengan beberapa sambutan dari para deklarator yang hadir. Kemudian ada pembacaan maklumat bersama.

“Lalu sambutan oleh komite kerja, lalu sambutan deklarator dan pembacaaan maklumat, sambutan tokoh-tokoh bangsa yang hadir. Setelah itu ditutup lagu-lagu perjuangan,” terangnya.

Hadi dalam acara konferensi pers tersebut selain Andrianto dan Ahmad Yani, mereka antara lain ; eks Menteri Ketuhanan MS Kaban, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, mantan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Jumhur Hidayat, orang kepercayaan Rizal Ramli yakni Adhie Massardie dan direktur eksekutif Sabang Merauke Institute Syahganda Nainggolan.

Kemudian, ada juga anggota DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) periode 2009-2014 Tamsil Linrung dan mantan anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Hafidz Abbas.