Ribuan Outsource BPJSnya Non Aktif, BSD CITY Lalai

BSD CITY lg
BSD CITY lg
TANGSEL, banten.indeksnews.com – PT. Sinarmasland Tbk pengembang raksasa BSD City Terbukti lalaikan kewajibannya bahkan mangkir membayar BPJS ribuan tenaga Outsource.

Praktisi Hukum dan Pegiat Buruh dan tenaga kerja, Sofia Hasanah SH mengatakan bagi pengusaha yang telah mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJS, tapi tidak memungut iuran yang menjadi beban pekerjanya,  kemudian tidak membayar dan menyetorkannya kepada BPJS sanksi hukumnya pidana 8 tahun dan denda paling banyak 1 Miliar.

” Dan apabila perusahaan tersebut telah memotong upah pekerja sebagai iuran BPJS tapi juga tidak menyetorkannya pada BPJS perusahaan tersebut dapat dikenakan pasal penggelapan dalam hubungan kerja yang diatur dalam pasal 374 KUHP”, jelasnya.

Sebelumnya beberapa tenaga kerja outsource mengklaim tidak pernah memiliki kartu BPJS sejak 3 tahun bahkan 10 tahun memasuki masa kerja.

BACA JUGA:BSD City tak mampu membuktikan kelalaianya mangkir membayar BPJS Outsource, H Eko: Modus Direksi Cekik Karyawan Outsource

disampaikan  Afghan salah satu pekerja outsource yang 3 (tiga) tahun bekerja di kayu putih mengaku dirinya belum memiliki kartu BPJS.

” Sejak 3 tahun masa kerja, kartu BPJSnya belum saya peroleh apalagi di masa pandemi covid-19 hal urgent tersebut sangat dibutuhkan”, urai Arahan.

BPJS
BPJS

Hal sama pun dialami rekan sejawatnya Roni hanya memiliki kartu fotocopi BPJS sampai sekarang bekerja.

” Saya pernah 10 bulan masuk Rumah Sakit tapi kartu BPJS yang aslinya belum pernah melihat,” lirih Roni yang berselisih 3 tahun dengan Afghan bekerja.

Masih dijelaskan Roni, Perusahaannya mengklaim jika para pekerja outsource belum memiliki kartu BPJS sejak tahun 2019 dan tidak akan bisa klaim berobat.

” Tak punya kartu BPJS tahun 2018-2019 klaim berobat tidak cair sedangkan mereka yang sudah terdata pada tahun 2020 dapat klaim berobat dari kantor”, pungkas Roni.

BACA JUGA:  Andi Iwan Darmawan Wakil Ketua Komisi V DPR RI: Harap Tol Serang-Panimbang Selesai Tepat Waktu