Dilarang Kibarkan Bendera Raksasa Di Bukit Teletubbies, Mapala Banten Lakukan Longmarch

1
mapala banten bukit teletubbies
Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Mapala Banten merasa kecewa terhadap oknum aparat setempat. Sebab mereka dilarang mengibarkan bendera Merah Putih raksasa di Bukit Teletubbies Merak, Kota Cilegon. Senin, 17 Agustus 2020.

Hal itu disampaikan Cilong, selaku koordinator Mahasiswa pecinta alam Se Banten. Cilong mengaku bahwa pihaknya pada tanggal 11 Agustus sudah menempuh prosedur administrasi untuk perizinan.

Mereka tiba di lokasi tanggal 16 Agustus kemudian melakukan reboisasi bersama warga di bukit teletubbies. Pada pukul 23.00 WIB mereka melakukan gladi pengibaran bendera merah putih raksasa berukuran 16×10 M. Sekaligus mempersiapkan peralatan keamanan.

Namun pada pukul 03.00 perwakilan mahasiswa di panggil warga dan menyatakan bahwa aparat beserta warga menolak pengibaran bendera raksasa dengan alasan tidak boleh menggunakan peralatan panjat tebing.

mapala banten longmarch sambil bentangkan bendera raksasa

Mereka hanya mengizinkan pengibaran bendera merah putih tanpa peralatan atau dibentangkan di tanah lapang yang ada di bukit bukan di tebingnya.

“Padahal alat yang kita gunakan untuk menjaga keamanan pengibaran. Semalaman kita diawasi. Pagi hari aparatur, dan warga berdatangan lebih banyak ke lokasi. Kita diusir. Acara yang seharusnya mulai pukul 07.00 WIB pada 17 Agustus 2020 gagal. Entah warga berubah pikiran,” katanya.

Pengibaran bendera merah putih raksasa di Bukit Teletubbies sebagai protes Mapala se-Banten atas pembangunan unit 9 dan 10 PLTU Suralaya. Alasannya, PLTU Suralaya yang menggunakan bahan bakar batubara untuk operasionalnya, dinilai bisa merusak lingkungan sekitar.

Kecewa karena gagal mengibarkan bendera raksasa, mahasiswa pecinta alam memutuskan melakukan longmarch dari Bukit Teletubbies ke Bukit Ciporong di Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.

TONTON JUGA

BACA JUGA:  PA 212 Ancam Bawa Massa Kawal HRS, Polda Metro : Langgar Prokes Kita Bubarkan!