Tjahyo: ASN Diminta Edukasi Warga soal Pentingnya Pakai Masker

0
Tjahyo: ASN Diminta Edukasi Warga soal Pentingnya Pakai Masker
Menpan RB Tjahyo Kumolo ft Istimewa
JAKARTA, banten.indeksnews.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta ikut mengedukasi masyarakat soal pentingnya memakai masker di masa pandemi. Di saat vaksin belum ditemukan, masker adalah salah satu senjata utama dalam melawan Covid-19. Aparatur pemerintahan mesti ikut menyadarkan warga akan pentingnya protokol kesehatan, salah satunya biasa pakai masker ujar Tjahyo

“Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan arahan terbaru terkait penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Salah satu arahannya adalah pentingnya pemakaian masker dan percepatan pembagian masker di kalangan masyarakat sampai ditemukannya vaksin Covid-19. Sebelum adanya vaksin, kuncinya paling penting adalah pemakaian masker,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Selasa (25/8).

Karena itu, lanjut Tjahjo Kumolo, seluruh aparatur negara (ASN) baik di pusat dan daerah mesti mengambil peran untuk membuat masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya kebiasaan memakai masker. Sebab, harus diakui masih saja ada warga yang enggan pakai masker atau kurang disiplin menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA:Seribu Lebih Guru Di Tangsel, Jalani Rapid Test

“Sebagai Menpan RB saya minta kepada seluruh aparatur negara baik pusat dan daerah dapat mengambil peran utama untuk mengedukasi dan memberi pemahaman serta ikut aktif menggerakkan dan mengorganisir kepada masyarakat di lingkungannya dan masyarakat secara luas agar selalu dan pentingnya memakai masker dan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Aparatur pemerintahan, lanjut di manapun berada menggiatkan gerakan pemakaian masker di lingkungannya masing-masing.

“ASN harus semakin giat mengedukasi masyarakat di lingkungannya mengenai pentingnya menggunakan masker, rutin mencuci tangan dan selalu menerapkan protokol kesehatan secara sungguh-sungguh,” ujarnya.

Dia menambahkan, pandemi Covid-19 telah memasuki babak baru dengan adanya tatanan normal baru atau adaptasi kebiasaan baru. Masyarakat, baik ASN maupun swasta, terutama yang tidak termasuk dalam kelompok rentan pun dapat kembali beraktivitas. Namun dengan tetap disiplin memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan secara benar.

BACA JUGA:  Peristiwa Palu, Empat Dibunuh, Ada yang Dipenggaldan Enam Rumah Dibakar

“Untuk ASN telah diterbitkan Surat Edaran Menteri PAN RB Nomor 58/2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Tatanan Normal Baru,” kata Tjahjo.

Secara terpisah, Gubernur Ganjar Pranowo mendorong kreativitas anggota Pramuka di Jawa Tengah dengan melakukan berbagai tindakan konkret untuk membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Gerakan Pramuka Jateng diharapkan akan jauh lebih baik, amalan Dasa Darma bisa lebih konkret, dan bisa langsung membumi. Menghadapi pandemi Covid-19 ini Pramuka harus bisa mengambil peran penting dan tindakan yang lebih konkret,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar memberikan bantuan berupa kain kepada Kwarda Jateng untuk mendorong kreativitas Gerakan Pramuka Jateng dalam mengambil tindakan konkret membantu penanggulangan pandemi Covid-19.

“Mereka yang punya keterampilan menjahit, saya akan stimulus dengan bantu memberikan kain kepada Kwarda. Tolong bagikan sebagai sebuah rangsangan, Pramuka itukan kreatif jadi nanti bisa membuat masker kecil untuk anak-anak,” ujar Ganjar yang juga menjabat Ketua Majelis Pembinaan Daerah Pramuka Jawa Tengah itu.

Masker hasil kreativitas dan desain sendiri dari Pramuka itu, katanya, bisa dibagikan kepada mereka yang tidak memiliki dengan disertai edukasi kepada masyarakat terkait dengan pentingnya memakai masker dan cara memakai masker yang ­benar.