Pasar Ciputat, 4 September 2020 Mulai Revitalisasi

1
Relokasi Pedagang Pasar Ciputat
Relokasi Pedagang Pasar Ciputat
TANGSEL, banten.indeksnews.com –Pasar Ciputat mulai revitalisasi, diketahui, pasar ciputat yang kini mulai relokasikan sementara para pedagang kaki lima ke plaza ciputat karena sudah dimulainnya proses pembangunan Pasar Modern.

Dalam pantauan awak media, saat relokasi pedagang, terlihat pengamanan dari gabungan Polsek Ciputat Timur bersama Koramil 05/Ciputat beserta Satpol PP dan Kemenperindag Tangsel kawal Relokasi Pedagang Pasar Ciputat, Senin, (31/8/2020).

Adapun titik Pengamanan dalam Relokasi Pedagang Pasar Ciputat yang berjualan di kolong dan penutupan jalan terowongan pasar ciputat, terlihat Para Pedagang di Gedung Blok B telah 90 Persen meninggalkan lapak dagangannya dan persiapan untuk relokasi atau pindah ke plaza ciputat.

Dalam relokasi tersebut, aparat gabungan yang bersiaga antara lain, 174 personil pimpinan Kompol Endy Mahandika,SH (Kapolsek Ciputat Timur), terdiri dari 34 personil Polri Gabungan Polsek Polres Tangsel, 9 Personil Koramil pimpinan Kapten Arh. Samsuri (Danramil Ciputat), 15 Personil Securty Pasar pimp Yeye (Danton), 90 Personil Sat Pol PP Tangsel pimp Sapta Nugraha (Kabid Gakumda), 6 Personil Dishub, pimp Daus dan 20 Personil DLH pimp Yuda (Kasi Kebersihan).

Kapolsek Ciputat Timur, Kompol Endy Mahandika, SH menuturkan, Perlu kiranya dilakukan pemantauan secara berkelanjutan terhadap lokasi yan telah dilakukan penertiban untuk mencegah adanya pedagang Kaki Lima (K5) kembali berdagang di area umum sekitar pasar ciputat yang sedang di relokasi.

Relokasi kolong Pasar Ciputat
Relokasi kolong Pasar Ciputat

Untuk relokasi pedagang pasar Ciputat, Lanjut Kompol Endy, Seluruh kegiatan hari ini berlangsung aman dan kondusif karena ini sudah termasuk manusiawi kebijakan dari Pemprov, pelaksanaan pembangunan pasar ciputat ini jauh terlambat karena ada kesenjangan jangka waktu yang diberikan pemprov untuk para pedagang, tandasnya.

Jadi, untuk para pedagang, saran dari kami Kapolsek, Danramil dan Kemenperindag tangsel, kita disini tidak mau ada perlawanan maupun keluham dari warga sehingga mereka melakukan tindakan-tindakan yang tidak dibenarkan, Alhamdulillah hari ini seluruh pedagang yang ada di kolong pasar ciputat kita relokasi sementara dengan fasilitas yang sudah disediakan oleh Pemprov maupun Kadis Kemenperindag dan beberapa pihak lain sehingga bisa memudahkan pekerja untuk menyelesaikan pembangunan pasar ciputat tepat pada waktunya, ucap Endy.

BACA JUGA:  5 Bocah Hilang Akibat Letusan Gunung lle Lewotolo Belum Ditemukan

Kadis Kemenperindag tangsel, Maya Mardiana menjelaskan, proses relokasi yang sudah berjalan dari awal agustus, sebagai tahap awal dari revitalisasi pasar ciputat, dan hari ini penutupan jalan terowongan pasar ciputat agar bisa berjalan pembangunan sesuai dengan tahapan-tahapan yang sudah ditentukan, terangnya.

Ditempat yang sama, Danramil Ciputat Kapten Arh. Samsuri akan tetap terus memantau bersama dengan yang lain, dari sekarang sampai nanti supaya kegiatan revitalisasi pasar ini lancar dan kondusif. Sehingga nanti bisa terwujud apa yang diharapkan oleh pemerintah, sehingga pasar ini bisa menjadi pasar yang benar-benar Modern.

Puluhan petugas gabungan dari Satpol PP, TNI/Polri, dan Dishub Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan pengamanan dan pembersihan area sekitar Terowongan. Sebanyak 111 PKL yang sebelumnya memadati terowongan dipindahkan ke Plaza Ciputat.

Proses pembersihan PKL dari terowongan Jalan Haji Usman itu dilakukan sejak pukul 15.00 WIB. Setelah bersih dari PKL, terowongan ditutup dengan menggunakan seng dan jalan dialihkan ke Gang Bancet.

Kabid Penegakan Peraturan Perundang-undangan Satpol PP Tangsel, Sapta Mulyana mengatakan, 111 PKL yang ada di terowongan Pasar Ciputat membongkar sendiri lapaknya sejak pagi.

“Kami hanya mengawasi dan pengamanan. Alhamdullilah berjalan lancar,” pungkasnya

Para pedagang banyak yang berjualan sayur mayur dan sembako atau kelontong. Selanjutnya, para pedagang akan berjualan sementara waktu di Plaza Ciputat, di tempat yang sudah disiapkan pemkot.

Dengan mulai dibersihkannya terowongan Pasar Ciputat dari PKL, maka revitalisasi kawasan Pasar Ciputat yang sejak lama telah digembar-gemborkan akhirnya mulai dikerjakan.