Dua Dokter Bedah RSU Kota Tangerang Selatan Terjangkit Covid-19, Ruang Operasi di Sterilisasi

1
Rumah Sakit Umum (RSU) Tangerang Selatan
Rumah Sakit Umum (RSU) Tangerang Selatan
TANGSEL, banten.indeksnews.com – Dua dokter bedah di Rumah Sakit Umum (RSU) Tangerang Selatan diketahui terinfeksi coronavirus disease 2019 (Covid-19).
Pernyataan itu disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Medis RSU Tangerang Selatan, Enji Sepraliana. “Kami hanya mendapatkan informasi seperti itu,” tutur Enji, Rabu (3/9/2020).

Dia menjelaskan, kedua dokter bedah itu terkonfirmasi terinfeksi Covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan. Dokter bedah pertama mendapat hasil tanggal 29 Agustus 2020 dan dokter bedah kedua tanggal 1 September 2020. “Kami tidak tahu mereka periksa dimana,” ujar Enji. Menurut Enji, pemeriksaan medical check up bagi tenaga kesehatan dilakukan secara bertahap demi mendeteksi potensi penularan covid-19.

Setelah dua dokter bedah terkonfirmasi terinfeksi Covid-19, kata dia, Ruang Operasi di Lantai 2 diberhentikan sementara untuk dilakukan sterilisasi dari virus dan bakteri kuman.

Mulai hari ini RSU Tangerang Selatan melakukan sterilisasi dari mulai pembersihan untuk instalasi air conditioner, beserta peralatan lainnya sampai besok, Jum’at, 4 September 2020. “Agar lebih maksimal kita sampai besok, sabtu insyaallah kita udah bisa lagi untuk operasi,” tuturnya.

Ruang Operasi di Lantai 2 RSUD KOTA TANGERANG SELATAN
Ruang Operasi di Lantai 2 RSUD KOTA TANGERANG SELATAN

RSU Tangerang Selatan masih tetap membuka poli rawat jalan, Instalasi Gawat Darurat (IGD), rawat inap dan poli bedah. “Di lantai dua kan ada banyak unit lain, tapikan engga masalah masih berjalan,” ujarnya.

Dua dokter bedah yang terjangkit covid-19 tersebut telah melakukan isolasi mandiri. Kedua dokter bedah itu dari poli yang berbeda. RSU Tangerang Selatan sudah melakukan penelusuran jejak dan belum ada laporan tenaga medis lainnya yang terpapar covid-19.

BACA JUGA:  Asrul Sani: Pengurus MUI Lebih Baik Orang Yang Tidak Berseberangan Dengan Pemerintah