Jakob Oetama Meninggal Dunia, Dunia Pers Nasional Kehilangan

189
jakob oetama meninggal dunia, dunia pers nasional kehilangan
JAKARTA, banten.indeksnews.com – Diberitakan bahwa Jakob Oetama meninggal dunia di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta.

Jakob Oetama akan disemayamkan di Kompas Gramedia dan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan.

Meninggalnya Jakob Oetama bertepatan dengan ulang tahun kompas TV ke-9 hari ini Rabu 9 September 2020.

“Bapak sudah mengalami koma atau kritis sejak Minggu sore. Rupanya Allah lebih senang memanggil beliau sehingga akhirnya pukul 13.05, Bapak berpulang,” ujar Direktur Komunikasi Kompas Gramedia Rusdi Amral

Jakob yang lahir tahun 1931 ini memulai karir pertama sebagai guru. Dari seorang guru, dia akhirnya menjadi sosok penting dalam kancah jurnalisme Indonesia.

Visual Interaktif Kompas (VIK) ini merupakan refleksi atas warisan nilai yang dihidupi Jakob, yang menjadi tonggak tidak hanya bagi jurnalisme yang digeluti para wartawan Kompas dan grup Kompas Gramedia tetapi juga warisan yang mewarnai perjalanan jurnalisme Indonesia.

Jakob adalah putra seorang pensiunan guru di Sleman, Yogyakarta. Karier jurnalistiknya dimulai ketika menjadi redaktur Mingguan Penabur pada 1956 dan berlanjut dengan mendirikan majalah Intisari tahun 1963 bersama PK Ojong.

Dua tahun kemudian, tepatnya 28 Juni 1965, bersama Ojong, Jakob mendirikan Kompas yang dikelolanya hingga kini. Tahun 80-an Kompas Gramedia Group mulai berkembang pesat, terutama dalam bidang komunikasi.

Bersama dengan Jusuf Wanandi, Muhammad Chudori, Eric Samola, Fikri Jufri, Goenawan Mohamad, HG Rorimpandey, dan Harmoko, Jakob juga ikut mendirikan The Jakarta Post, harian nasional Indonesia berbahasa Inggris.

TONTON JUGA

 

BACA JUGA:  Pindah ke TV Digital,Ini Cara Dapat Set Top Box Gratis dari Kominfo
Artikel sebelumyaBNPT Luncurkan TV Channel Demi Tangkal Ancaman Terorisme
Artikel berikutnyaPWI Banten Ajak Wartawan Taati Protokol Covid-19