Mat Solar Penjarakan Guru Ngajinya Atas Sengketa Tanah Rp3,3 M

mat solar ,BAJURI ft Istimewa
mat solar ,BAJURI ft Istimewa
KOTA TANGERANG, banten.indeksnews.com Mat Solar terlibat kasus sengketa tanah dan melaporkan guru ngajinya sendiri, Muhammad Idris pada pihak berwajib. Bintang sitkom Bajaj Bajuri itu dikatakan rugi sebesar Rp3,3 miliar dan menjebloskan Idris ke penjara. Kasus tersebut kini tengah bergulir di Pengadilan Negeri Tangerang. Menurut penuturan anak Muhammad Idris, Ahmad Nahrowi, ayahnya sudah dua bulan ini mendekam di penjara.

Mat Solar melaporkan seorang guru ngaji, Muhammad Idris terkait sengketa jual beli tanah. Masalah ini bermula ketika Idris menggadaikan tanah kepada seorang temannya bernama Rusli tanpa bukti peralihan tanah pada tahun 1993 silam.

Lalu, Rusli malah menjual tanah tersebut ke Mat Solar seharga Rp85 juta di tahun 2008. Komedian asal Betawi itu tidak pernah membuat akta jual beli (AJB) hingga masalah muncul ketika tanah itu dibuat proyek jalan tol.

“Selama kurun waktu 2008 sampai sekarang, Mat Solar tidak mau membuat AJB. Kemudian tanah tersebut kena proyek jalan tol Cinere-Serpong, kemudian Mat Solar bingung harus kemana karena dia tidak punya data yang lengkap untuk mencairkan uang tersebut,” kata Ahmad Nahrowi, anak Idris dilansir banten.indeksnews.com dari tayangan YouTube Beepdo pada Selasa, 8 September 2020.

Kompensasi dari proyek jalan tol itu bisa dicairkan sebanyak Rp 3,3 miliar namun Mat Solar tidak bisa menebusnya karena tidak memiliki surat-surat. Alhasil, pihak Idris yang bisa mencairkan dana itu meminta kompensasi kepada Mat Solar namun ditolak.

“Bapak saya meminta kompensasi kepada Mat Solar sebesar 10 persen atau senilai Rp300 juta. Akan tetapi, Mat Solar dan keluarganya tidak setuju dan tidak mau memberikan kompensasi tersebut ke keluarga saya. Alasannya karena itu bukan tanah dia lagi, dulu dia beli cuma Rp85 juta kok minta kompensasinya Rp300 juta,” lanjut Ahmad.

BACA JUGA:  Nikita Mirzani Punya Moge BMW Rp630 Juta Buat Keliling Copot Baliho

Pihak Idris mengatakan bahwa uang senilai Rp 300 juta itu dianggap wajar sebab kompensasi yang akan diterima Mat Solar cukup besar. Tak terima, aktor 57 tahun itu langsung mengambil jalur hukum dan memenjarakan Idris.

“Dia mengambil jalur hukum. Dengan apa? Dengan cara memenjarakan bapak saya. Tuduhannya menggelapkan data-data dokumen dari tangan tersebut. Kalau yang awal 10 hari, ditahan di Polres Tangerang Selatan. Nah yang kedua bapak saya ditahan di Kejaksaan Tangerang Selatan selama hampir dua bulan lebih,” anak Muhammad Idris.

Adapun agenda persidangan hari ini pemeriksaan saksi-saksi dari Anak Mat Solar dan saksi dari pihak kelurahan. Sedangkan Haidar Rasyad, anak Mat Solar enggan memberikan detail soal kasus tersebut dan lebih memilih menyerahkannya pada penegak hukum.

“Doain ayah aja, ayah lagi sakit gitu aja. Doain aja supaya ayah sehat. Iya intinya gini semua saya serahkan pada penegak hukum, udah,” kaat Haidar Rasyad, anak Mat Solar.