Dua Objek Wisata Yang Terkenal di Kota Padang, Sumatera Barat

591
Dua Objek Wisata Yang Terkenal di Kota Padang, Sumatera Barat
Gunung Padang
Kota Padang – Sumatera Barat selain masakannya ternyata menyimpan beberapa objek wisata yang menarik yang harus di kunjungi.

Dua objek wisata yang terkenal di Kota Padang yakni Taman Siti Nurbaya dan Gunung Padang, destinasi wisata ini sudah sangat terkenal di Sumatera Barat terutama bagi masyarakat Kota Padang dan sekitarnya.

Gunung Padang ini sudah terkenal sejak dulu, apalagi di lereng Gunung Padang ini ada makam yang diklaim sebagai kuburan Siti Nurbaya seperti yang ditulis dalam novel Siti Nurbaya, Kasih Tak Sampai oleh Marah Rusli. Meski diragukan keberadaan makam tersebut namun sebagai warga mempercayai kuburan tersebut.

Gunung Padang (Gunuang Padang) yang diceritakan di sini bukanlah sebuah gunung yang menjulang tinggi seperti pada umumnya, melainkan sebuah bukit kecil setinggi 80 mdpl dengan panorama alamnya yang memukau. Tempat ini menyimpan kombinasi antara panorama alam yang indah, legenda cinta, dan sepenggal sejarah pada masa pendudukan Jepang.

Masyarakat Padang biasa menyebutnya Gunuang Padang karena memang puncak bukit ini merupakan wilayah yang paling tinggi yang terdapat di sekitar pusat Kota Padang. Menurut Wikipedia, Taman Gunung Padang atau Taman Siti Nurbaya adalah sebuah tempat/objek wisata yang berupa taman yang sangat indah yang berada di ketinggian yang terletak di sebelah barat Kota Padang.

Untuk mencapai lokasi objek wisata ini kita cukup menuju ke arah Jembatan Siti Nurbaya yang melintasi sungai Batang Arau di dekat Pelabuhan Muaro.

Perjalanan dilanjutkan dengan menuju ke kawasan atau pintu gerbang Objek Wisata Gunuang Padang yang berjarak sekitar 500 meter dari Jembatan Siti Nurbaya. Di sini kita bisa membeli tiket masuk sekitar Rp 2.000 per orang serta biaya parkir kendaraan Rp 5.000. Jika Anda membutuhkan pemandu (guide), penjaga loket akan bersedia untuk mencarikan seorang pemandu untuk mengantar kita berkeliling dan memberikan informasi dan sejarah seputar Gunung Padang.

Dari titik ini kita akan menempuh perjalanan kaki menuju puncak bukit dengan mendaki ratusan anak tangga yang berliku dan cukup panjang. Bagi penyuka wisata sambil trekking, tempat ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Ada banyak hal yang bisa kita saksikan selama perjalanan menuju ke puncak atau Taman Siti Nurbaya ini. Di awal perjalanan kita bisa menjumpai komunitas pencinta alam yang berlatih panjat tebing yang bisa kita saksikan di akhir pekan.

Di sisi kiri jalan sesekali kita akan menemukan bangunan tua bekas peninggalan pada masa pendudukan Jepang. Di sini kita bisa melihat beberapa bangunan tua beserta meriam yang digunakan oleh Jepang untuk mengawasi kapal yang keluar masuk Pelabuhan Muaro. Pada sisi kanan jalan menjelang puncak kita akan menemukan sebuah celah batu yang berbentuk gua dengan tangga menurun. Konon tempat ini merupakan lokasi makam dari Siti Nurbaya, tokoh utama dalam sebuah kisah legendaris Minangkabau. Kisahnya bisa dibaca di Novel “Sitti Nurbaya, Kasih Tak Sampai” karya Marah Rusli.

Setelah kurang lebih 15-30 menit perjalanan, kita tiba di Puncak Gunuang Padang dan disambut oleh sebuah taman yang sangat indah yang dinamakan sebagai Taman Siti Nurbaya.

Taman ini dipenuhi oleh pepohonan rindang dan udara di sini terasa sangat sejuk meski cahaya matahari sedang terik. Jadi, kamu tidak usah takut terkena cahaya matahari jika bermain di taman ini. Berbagai monyet penghuni bukit ini juga sesekali akan menjumpai kita untuk meminta makanan, ini merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki oleh taman tersebut.

Taman Siti Nurbaya tidak hanya menyimpan keindahan alam yang hijau, karena di atas puncak ini kita akan disuguhkan oleh beberapa panorama alam sekaligus. Di sisi utara dan timur taman ini, kita akan melihat pemandangan seluruh Kota Padang dari ketinggian.

Di sebelah selatan kita akan disuguhi oleh pemandangan Pantai Air Manis yang terkenal dengan Legenda Batu Malin Kundangnya. Serta terlihat juga Pulau Pisang Ketek dan Pulau Pisang Gadang yang berada tidak jauh dari Pantai Air Manis. Sedangkan di sisi barat kita akan melihat pemandangan luasnya Samudra Hindia dengan birunya air laut sejauh mata memandang.

Jika Anda memiliki kesempatan untuk berkunjung ke taman ini jangan lewatkan momen matahari terbenam (sunset) yang menjadi puncak dari keindahan Gunung Padang ini. Itulah ulasan tentang Objek Wisata Gunung Padang dan Taman Siti Nurbaya yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Kota Padang.

Bagaimana, Anda tertarik? Semoga dapat menjadi referensi infrmasi yang bermanfaat, ditunggu kedatangannya ya dan semoga liburanmu menyenangkan.

Artikel sebelumyaValentino Rossi Kini Lebih Percaya Diri Raih Gelar Juara Dunia ke-10
Artikel berikutnyaBSD City Masjid Kubah Sinar emas icon yang layak Bagi Perumahan Masa Depan