KPU Ijinkan Gelar Konser Musik di kampanye Pilkada 2020 Nanti

8
KPU Ijinkan Gelar Konser Musik di kampanye Pilkada 2020 Nanti
I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. Komisioner KPU
JAKARTA, banten.indeksnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbolehkan para kandidat Pilkada Serentak 2020 untuk menggelar konser musik sebagai bentuk kampanye di tengah pandemi virus corona. Hal ini tertuang dalam pasal 63 ayat (1) PKPU No. 10 Tahun 2020.

Dalam pasal 63 ayat (1) PKPU No. 10 Tahun 2020 ini diatur tujuh jenis kegiatan yang tidak melanggar kampanye dan ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu rapat umum; kegiatan kebudayaan berupa pentas seni, panen raya, dan/atau konser musik;

kegiatan olahraga berupa gerak jalan santai, dan/atau sepeda santai; perlombaan; kegiatan sosial berupa bazar dan/atau donor darah; peringatan hari ulang tahun Partai Politik; dan/atau melalui media sosial.

BACA JUGA: Pemkot Tangerang Selatan Tidak Akan Menunda Tahapan Pelaksanaan Pilkada 2020

“Hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang No. 6 Tahun 2020 tentang Pilkada, sehingga KPU tidak bisa mengubah ataupun meniadakannya, dan PKPU hanya mengikuti aturan tersebut.” kata I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. Komisioner KPU.

Sebenarnya KPU memiliki banyak rencana untuk membuat aturan yang lebih progresif terkait pandemi. Namun, niat itu tidak bisa begitu saja dilakukan karena harus sesuai dengan undang-undang yang berlaku.” imbuh Dewa.

“Kemudian pada Pasal 63 ayat 2 PKPU No. 10 tahun 2020 diatur bahwa maksimal peserta kampanye rapat umum di tempat terbuka adalah 100 orang dengan kewajiban menjaga jarak minimal 1 meter.” pungkas Dewa

BACA JUGA:  Wishnutama Kusubandio: 101 Daerah Dapat Kucuran Dana Hibah Pariwisata, Total Rp3,3 Triliun