Kemensos Dukung Penuh Penyusunan RUU tentang Kesejahteraan Lansia

186
Usia Lansia ft kemensos
JAKARTA, banten.indeksnews.com – Kemensos Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VIII DPR RI mengenai RUU Kesejahteraan Lanjut Usia di Jakarta, Senin (21/09). Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI Harry Hikmat menyampaikan tentang Peningkatan Anggaran, Perlindungan, Akses, Fasilitas serta Kesejahteraan Lanjut Usia.

“Undang-Undang Kesejahteraan Lansia kelak mampu memperkuat integrasi rehabilitasi sosial dengan jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan perlindungan lansia.” Kata Harry DRS Kemensos RI.

“Berdasarkan data BPS, Bappenas tentang proyeksi penduduk Indonesia tahun 2015-2035, jumlah lansia di tahun 2020 mencapai 10% & akan meningkat hingga 16,5% pada tahun 2035. Indonesia juga akan mengalami kondisi dimana jumlah lansia perempuan lebih banyak dibanding lansia laki-laki.’ terang Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI didepan Komisi VIII DPR RI.

Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI Harry Hikmat
Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI Harry Hikmat

Data juga menyebutkan, sebanyak 40,6 % lansia juga masih tinggal bersama 3 generasi dan 27.3 % tinggal bersama keluarga.

“Ini potensi yg perlu dipertahankan kedepan, karena lansia bisa berperan dalam pengasuhan anak dan dalam pengambilan keputusan di keluarga,” kata Harry.

Kemensos RI sendiri berkomitmen kepada pemenuhan hak dasar dan perlidungan terhadap lansia dengan menyelenggarakan layanan sosial melalui Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dan bantuan sosial yang bisa dimanfaatkan seperti PKH maupun Program Sembako.

Meski demikian, bertambahnya jumlah lansia setiap tahun, maka perlu upaya antisipasi mulai dari peningkatan kualitas & kuantitas program pelayanan, peran keluarga, layanan publik yang ramah lansia, peran masyarakat & swasta, hingga pemberdayaan lansia yang masih produktif,

Belum lagi masalah yang sering dihadapi lansia seperti kemiskinan, rentan terhadap kekerasan, serta kesulitan akses kepada fasilitas dan layanan.

Rapat ini juga dihadiri oleh Kementerian/Lembaga terkait yaitu dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kementerian Perhubungan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB).

BACA JUGA:  Pindah ke TV Digital,Ini Cara Dapat Set Top Box Gratis dari Kominfo
Artikel sebelumyaKapitra Ampera Usulkan Moratorium Politik Demi Hentikan Penyebaran Covid-19
Artikel berikutnyaKPU Serang Tetapkan Dua Paslon Peserta Pilbup Serang 2020