Edward Sirait: Faktor waktu yang tidak bisa dilawan pengusaha.

20
foto ilustrasi ,
foto ilustrasi ,
JAKARTA, banten.indeksnews.com – Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait blak-blakan soal gugatan yang diterima pihaknya dari perusahaan penyewaan pesawat Goshawk Aviation Ltd. Dia mengatakan Goshawk menggugat Lion Air karena tunggakan biaya sewa pesawat.

Edward Sirait mengaku pihaknya terpaksa menunggak sewa pesawat. Alasannya karena armada yang dimiliki tak bisa diterbangkan, sehingga perusahaan tak bisa mendapatkan pemasukan. Pandemi Corona menurutnya jadi biang kerok pihaknya tak bisa menerbangkan pesawat.

“Nah ini kan karena kita pesawat nggak terbang, kan karena pandemi, pesawat kita jadi nggak bisa terbang, maka kita nunggak. Mereka (Goshawk) tetap bilang ini perjanjiannya harus dibayar, kami bilang kalau harus bayar, mau bayar pakai apa? Orang pesawatnya nggak nyari duit,” ungkap Edward Sirait.

Faktor waktu

Mengapa banyak UKM jatuh? Mereka tidak bisa melawan faktor waktu.Misalnya, biaya operasional jalan terus,,namun penghasilan tidak dapat dipastikan. Dengan demikian, faktor waktu menjadi kuncinya.

Melawan waktu, banyak orang tidak bisa memastikan kapan rencana usaha mereka menghasilkan. Ada pengusaha Garam, sampai menyebutkan garam himalaya, dipasarkan oleh ustadz itu pun tidak bisa memastikan kapan laku?

Oleh karena itu , bilamana anda bisa memastikan waktu, anda tergolong jago .

Bagaimana seseorang bisa memastikan waktu, atau mendahului waktu? Mungkin dia melihat sebuah celah kebutuhan pasar yang sangat urgent dan penting. Sehingga segera pasti disambut pasar. Ibarat kata, dalam kondisi perang, yang laku hanyalah bisnis senjata, untuk perang. Pada saat semuanya stop, apakah yang masih jalan?

foto ilustrasi 2
foto ilustrasi 2

Misal, sebuah perusahaan kesulitan menghadapi covid, semua stop. Pertanyaannya,

1. Faktor apakah yang bisa melawan waktu? Pada saat ekonomi berhenti. Mungkin Satpol PP ini merazia masker, dengan tujuan masyarakat tunduk kepada otoritas. Otoritas apa yang masih berjalan pada saat semua tutup?

BACA JUGA:  Mulai Januari 2021 Gaji PNS Akan Dipotong 2,5 Persen, Untuk Apa?

2. Pada kisah zaman pembumi hangusan Nanking dibombardir Jepang, ada seorang penyanyi bar yang makin disukai petinggi Kuo mintang.

Dengan demikian, pada saat perang, yang masih berjalan adalah lembaga tentara.

3. Demikian bilamana kita bisa mengakses tentara, kemungkinan perusahaan segera lebih cepat pulih, melawan waktu.