Ahok Bentuk Tim Audit Khusus untuk Proyek RDMP Pertamina

46
Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Poernama atau Ahok
Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Poernama atau Ahok
JAKARTA, banten.indeksnews.com –Ahok ,lambannya tim audit pengembangan kilang dalam proyek Refinery Development Master Plan (RDMP), membuat Manajemen PT Pertamina (Persero) membentuk tim audit khusus. Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Poernama atau Ahok, mengatakan, sudah banyak perusahaan yang berminat untuk menjadi mitra dalam proyek RDMP. Namun hingga kini belum ada keputusan manajemen terkait mitra pembangunan kilang. Untuk mengetahui hal ini diperlukan tim audit khusus.

“Apa yang terjadi sampai puluhan investor enggak ada yang jadi kerja sama (jadi mitra bangun kilang),” kata Ahok

Ahok menuturkan pelaksanaan audit tersebut diawasi secara ketat juga oleh tim khusus yang terdiri dari tim transformasi Pertamina serta dewan komisaris dan komite investasi. “Audit oleh internal audit sedang berjalan dan ada transformer task force di Dekom dengan komite audit dan komite investasi,” tegas Ahok.

Disebutkan, Pertamina akan mengebut pencarian mitra untuk membangun kilang. Selain mengaudit, kata Ahok, akan dibentuk tim khusus untuk mencari calon perusahaan yang akan dipilih jadi mitra Pertamina. “Sedang bentuk tim untuk undang investor tahun ini (dibentuk),” ungkap dia.

Saat ini ada empat pengembangan dan satu pembangunan kilang baru yang sedang dikerjakan Pertamina. Empat yang sedang dikembangkam adalah kilang Balikpapan, Balongan, Cilacap dan Dumai. Tiga kilang yang benar-benar sedang disiapkan adalah kilang Balikpapan, Balongan dan Cilacap.

Sumber lain di eksekutif Pertamina menyebut bahwa ada langkah-langkah percepatan pencariam mitra pembangunan kilang agar tahun ini Pertamina sudah memiliki mitra baru. “Masih kami (Pertamina) list , banyak yang nawarkan, cuma kan belum ada yang pas dealnya. Masih mungkin sih tahun ini bisa ada (mitra),” kata sumber tersebut.

Dia mengungkapkan banyak perusahaan yang mendaftar jadi mitra dan saat ini seleksi masih berlangsung. Kilang Balikpapan menjadi salah satu yang terdepan untuk mendapatkan mitra.

BACA JUGA:  Pertamina PLN Siap Bahas Kerja Sama Suplai Listrik dan Uap di Blok Rokan

“Cilacap dan Balongan juga masih tetap jalan cari partner, cuma kalau jadi investor, ya tetap mempertimbangkan risikonya, maunya seminimal mungkin dan ditanggung Pertamina begitu juga kepastian IRR-nya,” kata dia.