Turis lokal silaturahmi sambil pelesiran, Lebih Banyak Menginap Di Rumah Kerabat Dari Pada Hotel

162
Ubud Bali Ft Istimewa
Ubud Bali Ft Istimewa
JAKARTA, Turis lokal berwisata tak sepenuh tentang berleha-leha silaturahmi sambil Mengunjungi objek wisata, menginap di hotel, dan hingga berbelanja barang dan oleh-oleh. Bagi wisatawan lokal, pelesiran hanya sampingan semata karena, yang utama adalah silaturahmi ke sahabat hingga sanak keluarga.

Gambaran itu muncul dalam Statistik Turis Lokal atau Wisatawan Nusantara 2018 yang dilansir pada Juni 2019. Laporan terakhir tentang perilaku wisata warga Indonesia di wilayah dalam negeri, yang mencakup maksud/tujuan perjalanan, akomodasi yang digunakan, lama bepergian, dan yang lainnya.

Laporan itu hanya memotret perilaku Turis lokal kurun Januari-Juni 2018. Dari segi pilihan penginapan wisata, setidaknya 83 persen wisatawan lokal memilih menginap di rumah teman atau keluarga. Pelancong yang menginap di hotel bahkan tak sampai 10 persen.

Pola ini berlaku di seantero Indonesia, didominasi wisatawan dari Sulawesi, Sumatra, dan Nusa Tenggara Barat serta Nusa Tenggara Timur. Menurut provinsi, wisatawan dari Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Lampung, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatra Selatan paling banyak menginap di rumah teman atau keluarga.

wisatawan lokal dalam diagram Ft Istimewa
wisatawan lokal dalam diagram Ft Istimewa

Bukan melulu karena enggan keluar uang. Sebanyak 49 hingga 67 persen dari turis lokal ini memang khusus melancong untuk bersilaturahmi. Apalagi Juni 2018 masuk dalam momentum Lebaran Idulfitri. Boleh jadi, tradisi mudik mempengaruhi pola pilihan akomodasi para turis lokal.

Bila merunut data BPS, pada Juni 2018 tingkat hunian kamar pada hotel bintang di Indonesia 52,04 persen. Lebih rendah dibandingkan Mei (53,86 persen) dan Juli (59,3 persen). Tingkat hunian kamar menurut Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) di Indonesia pada 2018 mencapai 600 ribu kamar, versi BPS mencapai 300 ribu lebih.

Hanya sekitar 8% orang Indonesia yang memilih menginap di hotel ketika berwisata. Sebagian besar memilih menginap di rumah keluarga dan kerabat. Kalau Anda bagaimana?

BACA JUGA:  Mahasiswa Unhan RI Terima Kuliah Umum dari MenPAN-RB
Artikel sebelumyaIsi RUU Cipta Kerja Sudah Disahkan, Fadhli Zon Mengaku Belum Terima Naskah
Artikel berikutnyaMenantu Eks Dirut BTN Jadi Tersangka Gratifikasi