Dermaga IV Merak Diresmikan, Kapasitas Penyeberangan Naik 160 Trip Perhari

Dermaga IV Merak Diresmikan, Kapasitas Penyeberangan Naik 160 Trip Perhari
Merak – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan operasional dermaga IV Merak dan Bakauheni milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Dermaga tersebut diproyeksi mampu meningkatkan kapasitas mobilitas penyeberang di pelabuhan penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatera.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, dermaga itu akan menambah jumlah kapal yang dapat berlabuh serta dapat melayani kapal penyeberangan dengan kapasitas 6.000 hingga 10.000 Gross Tonnage (GNT).

“Beroperasinya Dermaga IV Merak-Bakauheni merupakan solusi agar kegiatan mobilisasi barang maupun penumpang antara pulau Jawa dan Sumatera semakin lancar,” ujar Budi dalam keterangan tertulis, Senin (12/10/2020).

Dengan bertambahnya dermaga akan bertambah pula frekuensi keberangkatan maupun kedatangan kapal setiap harinya. “Di Pelabuhan Penyeberangan Merak terdapat keterbatasan alur keluar masuk kendaraan,” ujar Budi.

Direktur Utama PT ASDP, Ira Puspadewi mengatakan, dengan adanya dermaga IV Merak Bakauheni maka lintas penyeberangan yang tadinya 140 trip, kini menjadi 160 trip per hari. “Pembangunan sepasang dermaga baru ini menelan biaya Rp 379 miliar,” ucapnya.

Sementara itu Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Fiandar yang ikut hadiri dalam peresmian dermaga IV Merak dan Bakauheni itu mengatakan, “Penambahan dermaga IV ini dapat mengurangi beban Polisi, Alhamdulillah.Biasanya Weekend, Hari besar itu biasanya menjadi beban klasik kita melaksanakan pengamanan di sini, dengan bertambah satu dermaga pasti berkurang,” kata Kapolda.

Terkait penegakan protokol kesehatan, Fiandar mengajak semua pihak untuk melakukan pengawasan.

“Terkait pengawasan dan penegakan protokol kesehatan kita akan bersama-sama dengan operator dan regulator, masyarakat serta pemerintah daerah dalam hal ini pemerintah Kota Cilegon akan bersama-sama menata, mengingatkan, menghimbau dan menegakkan hukum jika itu diperlukan,” tutup Fiandar.

BACA JUGA:  Perkuat MAXi Yamaha Series, Varian Baru All New NMAX 155 Connected Resmi Meluncur