KPU Kota Cilegon Siapkan Debat Kandidat, Pilkada Serentak 2020

Debat Kandidat Pilkada 2020 Kota Cilegon
Debat Kandidat Pilkada 2020 Kota Cilegon
CILEGON, banten.indeksnews.com – KPU Komisi Pemilihan Umum  Provinsi Banten telah menyiapkan debat kandidat Calon Wali Kota pada Pilkada Kota Cilegon 2020. Debat terdiri atas tujuh tema, terdiri atas peningkatan kesejahteraan masyarakat, penyelerasan program pemerintah pusat dan daerah, ekonomi, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan penanganan Covid-19.

Demikian disampaikan KPU Provinsi Banten pada Focus Group Discussion Penyusunan Tim Perumus dan Materi Debat Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon, di salah satu hotel di Jalan Aat Rusli (JAR), Selasa 13 Oktober 2020.

Komisioner KPU Banten Eka Satialaksmana mengatakan, teman-tema tersebut tengah disiapkan pihaknya. “Tema tengah kami siapkan, juga tim penyusun materi debat tengah kami bentuk. Mereka haruslah orang yang mempunyai integritas, kejujuran, kepekaran sesuai ahli, dan tidak boleh memihak,” katanya disela-sela acara.

Pada pelaksanaan tahapan depat calon sendiri, pihaknya membatasi massa yang diperbolehkan ikut serta. Dimana jumlah massa masing-masing pasangan calon hanya enam orang.“Enam orang itu pun termasuk si paslon sendiri. Jadi tambahannya hanya boleh bawa empat orang,” ujarnya.

Eka pun menerangkan, paslon bisa dikenakan sanksi jika menolak mengikuti debat kandidat. Eka menjelaskan, sanksi itu diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 11.

Kami akan publikasikan pasangan yang menolak ikut debat calon kandidat. Sanksi lainnya, KPU tidak menayangkan sisa iklan yang diakomodir oleh KPU,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi menjelaskan, pelaksanaan debat Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon akan dilaksanakan pada November.

Secara garis besar, pelaksanaan debat akan mengikuti PKPU serta petunjuk pelaksanaan teknis (juknis) yang telah dibuat oleh KPU.

“Debat maksimal dilaksanakan sebanyak tiga kali, pelaksanaan bisa dilakukan di studio dengan jumlah peserta dibatasi,” ucap Irfan

BACA JUGA:  Kapolda Metro Jaya Didatangi Sejumlah Kiai dan Tokoh Masyarakat