Pendaftaran BLT UMKM Kota Tangerang Dibuka 5 Hari

278
1
Pendaftaran BLT UMKM Kota Tangerang Dibuka 5 Hari
Tangerang – Pendaftaran Bantuan Langsung Tunai UMKM Kota Tangerang senilai Rp 2.4 juta sudah dibuka mulai Senin, 19 Oktober 2020 hingga Selasa, 24 November 2020.

Pendafaran dilakukan di Gedung Cisadane Kota Tangerang. Terpantau hingga pagi ini, ribuan warga sudah memadati halaman gedung hingga membuat macet jalanan.

Akibat kerumunan massa pendaftaran secara offline dibatalkan. Pemerintah Kota Tangerang kini membuka pendaftaran secara online untuk bantuan stimulus Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM) dari Pemerintah Pusat.

Dalam akun Instragram miliknya, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengunggah cara pendaftaran online bantuan UMKM Kota Tangerang tersebut. “Masyarakat yang berdomisili di Kota Tangerang dan usahanya di Kota Tangerang silakan daftar ya,” tulis dia, Selasa (20/10/2020).

Arief mengatakan, bantuan tersebut untuk mendukung pertumbuhan UMKM di masa pandemi Covid-19. Dia juga menegaskan mereka yang sudah mendapat bantuan UMKM Kota Tangerang di tahap sebelumnya tidak bisa mendaftar lagi.

“Yang sudah dapat bantuan UMKM di tahap sebelumnya, tidak bisa daftar lagi,” kata dia.

Adapun cara pendaftaran sebagai berikut:

1. Membuka alamat sabakota.tangerangkota.go.id lalu pilih tombol login dan masuk dengan akun Sabakota.

2. Memilih menu pendaftaran stimulus modal usaha UMKM dan mengisi formulir yang disediakan.

3. Mengunggah surat keterangan RT/RW yang menyatakan pendaftar menjalani usaha. Selain itu pendaftar juga diminta mengunggah foto KTP, KK dan foto tempat usaha.

4. Menulis lokasi yang sesuai dengan tempat usaha melalui peta digital.

5. Menyimpan dan mengisi tombol persetujuan dan memilih tombol daftar. Apabila ditolak, pendaftar bisa kembali mengajukan ulang permohonan. Namun, apabila sudah disetujui, pemohon menunggu proses realisasi dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Adapun sebelumnya, Sekertaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman mengatakan bahwa kerumunan yang terjadi di Gedung Cisadane terkait bantuan UMKM disebabkan oleh disinformasi.

BACA JUGA:  KPK Serahkan Empat Aset Senilai Rp56 Miliar Ke Tiga Lembaga Negara

Informasi yang beredar di kalangan masyarakat bahwa pendaftaran bantuan UMKM dari Pemerintah Pusat berakhir kemarin.

“Ya itu ada disinformasi ada yang memberik informasi (ke masyarakat) kalau hari ini pendaftaran terakhir,” kata Herman saat dihubungi melalui pesan singkat, Senin (19/10/2020).***