Operasi Zebra 2020 Tangsel, Knalpot Bising Siap-Siap Kena Tilang

0
Operasi Zebra
Tangsel – Operasi Zebra 2020 hari pertama digelar, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Tangerang Selatan (Tangsel), akan menindak para pemotor yang menggunakan knalpot berbunyi bising.

Kasat Lantas Polres Tangsel, AKP Bayu Marfiando, mengatakan akan memberi sanksi jika mendapati knalpot kendaraan roda dua yang mengeluarkan suara bising.

“Kita sudah punya alat untuk mengukur kecepatan, sama alat pengukur kebisingan knalpot,” kata Bayu saat ditemui di kawasan Alam Sutera, Serpong Utara, Kota Tangsel, Senin (26/10/2020).

Bayu menuturkan, alat tersebut disediakan guna menerapkan aturan Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2009 serta Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2009 Tentang LLAJ.

Pada regulasi tersebut terdapat beberapa kriteria yang mengatur kendaraan bermotor yang beroperasi dengan memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan.

Adapun adanya alat pengukur suara kebisingan knalpot atau Sound Level Tester, Bayu mengaku bakal berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel guna melakukan penindakan pelanggaran (dakgar).

“Berkaitan dengan hal tersebut kita berkoordinasi dengan Dinas LH untuk menyiapkan dukungan alat Sound Level Tester dan personil yang mengoperasikannya untuk melaksanakan Dakgar knalpot bising atau racing,” pungkasnya.

Menurutnya, penindakan pelanggar lalu lintas dengan sanksi penilangan bakal berlangsung di hari ke dua. Operasi Zebra ini bakal digelar selama dua pekan hingga 8 November 2020.

BACA JUGA:  Pesta Miras, Enam Remaja 17 Tahun di Serang Diamankan Satgas Covid-19