Jalur Puncak Hari Ini Macet, Pengendara Diminta Lewat Dua Jalur Alternatif

83
1
foto ilustrasi kemacetan jalur puncak
foto ilustrasi kemacetan jalur puncak
BOGOR, banten.indeksnews.com – Setiap musim libur panjang, setiap harinya lalu lintas di Jalur Puncak kerap macet. Untuk itu, Polres Bogor menyarankan agar pengendara dengan tujuan Cianjur, Bandung, dan Cimahi bisa menggunakan dua jalur alternatif lain yakni Jonggol dan Sukabumi.

Hal itu dikatakan Kasatlantas Polres Bogor Ajun Komisaris Fitra Zuanda, mengingat kepadatan jalur Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor libur akhir pekan dan cuti bersama jalur Puncak padat dan diperkirakan arus balik wisatawan akan terjadi pada Jumat 30 Okober hingga Minggu 1 November 2020.

“Saya menyarankan agar tidak melalui jalur Puncak. Sebaiknya melalui jalur exit (keluar) di Cibubur, kemudian tembus di Jonggol, kemudian tembus di Cianjur,” kata Fitra.

Untuk waktu tempuh Jakarta hingga Cianjur via Jonggol dapat dilalui dengan waktu sekitar 2 jam 45 menit.

Alternatif kedua, yaitu melalui Tol Bocimi, keluar di Cigombong, melintasi Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, kemudian tembus di Cianjur, sehingga tidak ikut menumpuk dengan kendaraan yang bertujuan ke tempat wisata di kawasan Puncak Bogor.

Jalur Puncak FT iSTIMEWA
Jalur Puncak FT iSTIMEWA

Untuk waktu tempuh, via Sukabumi diperkirakan memakan waktu 3 jam 41 menit. “Jadi tidak akan terjadi penumpukan rute-rute panjang bergabung dengan rute yang memang menuju tempat wisata,” paparnya.

Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah (one way) dengan jadwal pagi hari untuk memprioritaskan kendaraan ke atas atau Jakarta menuju Puncak/Cianjur dan siang hingga sore dengan memprioritaskan kendaraan dari arah Puncak mengerah Jakarta/Bogor.

“Jadwal tersebut masih bersifat tentatif. Kami memberlakukan sistem one way melihat kondisi di lapangan,” tambahnya.

BACA JUGA:  Asistensi Anti Dumping KADI di Kota Tangsel, untuk Lindungi Produsen