BMKG Sebut Gempa di Kabupaten Purwakarta Karena Aktivitas Sesar Lokal

Gempat Ft Ilustrasi
Gempat Ft Ilustrasi
PURWAKARTA, banten.indeksnews.com – BMKG Gempa Bumi berkekuatan 2.6 skala richter mengguncang wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat pada Sabtu, 31 Oktober 2020 pukul 05:25:05 WIB.

Menurut keterangan resmi Badan Klimatologi, Meteorologi dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut merupakan jenis dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat.

Titik terjadinya gempa bumi terletak pada koordinat 6.71 LS dan 107.33 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 21 km Barat Daya Kabupaten Purwakarta pada kedalaman 3 kilometer.Dari hasil monitoring BMKG, akibat gempa tersebut belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

 BMKG foto
BMKG foto

#Gempa Mag:2.6, 31-Okt-20 05:25:05 WIB, Lok:6.71 LS, 107.33 BT (Pusat gempa berada di darat 21 km barat daya Kab. Purwakarta), Kedlmn:3 Km Dirasakan (MMI) II Bandung Barat —  October 30, 2020.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan  dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat.

Kekuatan gempa tersebut dirasakan MMI hingga ke Bandung Barat artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga kini belum ada laporan terkait dampak kerusakan akibat gempa tersebut. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BACA JUGA:  Polisi Tangkap Remaja Terduga Pembunuh Ibu Rumah Tangga di Tulungagung