Yayasan Sepuluh November himpun dana pendidikan untuk anak keluarga miskin

53
Yayasan 10 November himpun dana pendidikan untuk anak keluarga miskin
Ketua Pengurus Yayasan 10 November Bachrul Amiq Ft ISTIMEWA
JAKARTA, banten.indekanws.com- Yayasan Sepuluh November menghimpun dana publik baik dari masyarakat, individu, ataupun badan usaha, sebagai upaya memberikan biaya pendidikan untuk anak-anak dari keluarga miskin khususnya di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Ketua Pengurus Yayasan Sepuluh November Bachrul Amiq di Surabaya, Rabu, mengatakan kegiatan tersebut sesuai dengan tujuan didirikan yayasan yang tujuannya murni untuk kegiatan sosial dalam rangka memberikan biaya pendidikan untuk anak-anak miskin.

“Nantinya dana yang telah terkumpul Yayasan Sepuluh Nopember itu akan disalurkan dalam bentuk biaya pendidikan,” kata Rektor Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya ini.

Bantuan biaya pendidikan itu tak hanya sekadar disalurkan, melainkan juga ada pendampingan, monitoring dan evaluasi terhadap keberhasilan dari siswa yang mendapat bantuan pendidikan itu.

Pengurus Yayasan 10 Nopember ft istimewa
Pengurus Yayasan 10 Nopember ft istimewa

“Jadi anak yang kita berikan biaya pendidikan itu sejauh mana berhasil dan kelanjutannya,” ujarnya.

Menurut dia, bantuan biaya pendidikan ini bakal menyasar ke semua jenjang, baik itu SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi. Tentunya mereka yang mendapat bantuan ini betul-betul berasal dari keluarga miskin.

“Jadi untuk semua jenjang pendidikan. Ketika ada anak dari keluarga miskin kita lakukan verifikasi dulu, dan jika benar maka kita bantu,” ujarnya.

Amiq menyampaikan bahwa tujuan akhir dari tindakan nyata melalui bidang pendidikan ini sebetulnya untuk melakukan lompatan status sosial ekonomi. Ia mencontohkan, ketika orang tua penerima bantuan ini adalah tukang tambal ban, dan anaknya disekolahkan hingga tinggi, maka anak itu harus lebih sukses dan dapat menyejahterakan keluarganya.

“Jadi saya kira kita harus melakukan bantuan itu secara tuntas sampai melakukan perubahan status sosial ekonomi anak dari keluarga miskin akhirnya menjadi mampu atau tidak miskin,” kata Amiq.

BACA JUGA:  Disporapar Kota Sukabumi Gelar Rapat Forum PD Bahas RKPD Tahun 2022

Maka dari itu, kata dia, pihaknya berpesan kepada masyarakat yang mempunyai kelebihan rezeki dan tidak tahu cara menyalurkan ke mana, dapat melalui Y10N .

“Nah, kita bikin ini , kita undang tokoh-tokoh yang mumpuni, kredibel yang bukan mencari makan dari yayasan tapi ingin menghidupkan yayasan ini untuk tujuan-tujuan mulia tadi,” ujarnya.

Adapun para pembina, pengurus, maupun pengawas dari Y10 N ini terdiri dari tokoh-tokoh yang mumpuni dan memiliki kredibilitas tinggi. Mereka berasal dari berbagai latar belakang seperti halnya Prof. Nur Hasan (Rektor Unesa), Prof. Dr H. Moh. Ali Aziz (Guru Besar UINSA), Dr Bachrul Amiq (Rektor Unitomo), Prof. Dr. Suryanto, M.Si., Psikolog (Dekan Fakultas Psikologi Unair) dan lainnya.