Banpres dan UMKM Akan Tetap Dilanjutkan Oleh Pemerintah

47
Banpres dan UMKM Akan Tetap Dilanjutkan Oleh Pemerintah
Banpres Foto Ilustrasi
JAKARTA, banten.indeksnes.com – Banpres Program Bantuan Presiden Produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT), UMKM sebesar Rp 2,4 juta yang diberikan ke pelaku usaha bertujuan untuk membantu mereka melakukan aktivitas usahnya kembali.

Banpres ini berupa dana hibah dan bukan pinjaman dan tidak ada pemotongan biaya apapun saat dicairkan. Penyaluran bantuan ini sudah dilakukan sejak Oktober lalu dan akan berlanjut hingga akhir Desember akhir tahun 2020 ini.

Saat ini program Banpres ini sudah diperpanjang dengan ditambahkan lagu untuk 3 juta pelaku usaha, namun jumlah permintaan tergolong masih tinggi.

“Sebelumnya jumlah penerima program ini hanya 9,1 juta penerima, tapi karena dapat tambahan dari pak Presiden 3 juta pelaku UMKM lagi, makanya kita perpanjang.

Walaupunsudah ditambah penerimanya, kami melihat masih banyak yang minat mendapatkan bantuan dari program ini,” ujar Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat diskusi webinar 82 Tahun Sinar Mas, Kamis (12/11/2020).

Teten menyebutkan, sebanyak 28 juta pelaku UMKM mendaftar untuk menerima bantuan ini.
Sementara jumlah pelaku UMKM yang ditargetkan untuk menerima bantuan ini hanya 12 juta pelaku usaha.

Oleh sebab itu, lanjut dia, pemerintah masih terus melakukan evaluasi untuk keberlamjutan program ini hingga tahun depan atau setidaknya hingga kuartal I/2021.

“Ini sedang kita evaluasi untuk tetap diajukan tahun depan, mungkin sampai di kuartal I. Meskipun mungkin keadaan ekonomi sudah lebih baik, tapi barangkali masih sulit kalau untuk usaha mikro,” kata Teten.

BACA JUGA:  Pendiri Partai Demokrat Akan Gelar KLB