PGN Capai 90 Persen Pembangunan Jaringan Di 23 Kabupaten/Kota

25
PGN Capai 90 Persen Pembangunan Jaringan Di 23 Kabupaten/Kota
Pembangunan jaringan gas (jargas) rumah tangga fT iSTIMEWA
JAKARTA, banten.indeksnews.com – PGN PT Perusahaan Gas Negara Tbk yakin dapat menuntaskan penugasan pembangunan jaringan gas (jargas) rumah tangga di tahun ini. Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Redy Ferryanto mengungkapkan, hingga Oktober 2020 pembangunan jargas di 23 kabupaten/kota telah mencapai 90 persen dari target 127.384 sambungan rumah tangga (SR).

“Progres pembangunan jargas di masa pandemi ini dapat terlaksana berkat berbagai upaya kerja sama yang dilakukan PGN Group serta stakeholder pusat dan daerah. Standar keamanan dan kesehatan selama proses kontruksi juga diterapkan secara ketat,” ujar Redy, belum lama ini.

Redy melanjutkan, secara khusus jika dilihat per wilayah, beberapa daerah menunjukkan perkembangan PGN di atas 90 persen, seperti di wilayah Aceh Utara, Dumai, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Ogan Ilir, Kota Palembang, Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Kota Bandar Lampung, Kabupaten Serang, Kabupaten Banggai, Kabupaten Lamongan, dan Kota Mojokerto.

Ia menambahkan, jargas yang telah dipasang juga hampir semua telah melalui pengujian untuk memastikan telah aman dan bebas dari kebocoran. Progres pelaksanaan pengujian ini telah mencapai 84 persen.

Dalam pelaksanaan pembangunan jargas, PT Perusahaan Gas Negara Tbk juga bersinergi dengan holding Pertamina agar pemenuhan kebutuhan pembangunan infrastruktur dan layanan dapat terpenuhi dengan baik, baik di sisi hilir maupun hulu. Hal ini, termasuk koordinasi untuk mitigasi risiko maupun kendala, mengingat jargas pada 2020 ini dibangun di tengah masa pandemi Covid-19.

Kini PT Perusahaan Gas Negara Tbk Group telah melayani lebih dari 422.000 pelanggan aktif di 17 provinsi di Indonesia dengan alokasi gas sekitar 6,7 BBTUD. Ke depannya, Redy berharap, PT Perusahaan Gas Negara Tbk bisa semakin luas hadir di berbagai wilayah agar dapat berdampak positif bagi masyarakat dan berkontribusi dalam memajukan perekonomian wilayah.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk akan terus meningkatkan layanan gas bumi terhadap pelanggan, agar manfaat lebih dari jargas secara optimal dapat dirasakan masyarakat, termasuk untuk kegiatan usaha kecil menengah (UMKM) seperti warteg, warung makan, laundry, dan sentra industri rumahan.

“Komitmen PT Perusahaan Gas Negara Tbk sebagai subholding gas dan bagian dari holding Pertamina adalah terus membantu pemerintah memperluas pemanfaatan gas bumi ke berbagai segmen pelanggan, termasuk rumah tangga. Kami percaya bahwa gas bumi sebagai energi yang ramah lingkungan, efisien, kompetitif dan sumbernya sangat besar di dalam negeri. Dengan demikian, sangat tepat untuk mewujudkan pemerataan energi nasional dan menggerakkan perekonomian masyarakat,” tambah Redy.