Anji Berharap Putusan Adil, Vonis Kasus ‘IDI Kacung WHO

0
Anji Berharap Putusan Adil, Vonis Kasus 'IDI Kacung WHO
I Gede Ari Astina alias Jerinx 'SID' dan Musisi Anji Manji ft Istimewa
JAKARTA, banten.indeksnews.com – Musisi Anji Manji turut hadir dalam dengan agenda pembacaan putusan itu, guna memberikan dukungan. I Gede Ari Astina alias Jerinx ‘SID’ menjalani sidang vonis kasus ‘IDI Kacung WHO’ di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Anji berharap hukum dapat memberikan putusan adil terhadap Jerinx. Tak hanya Anji, istri Jerinx Nora Alexandra, ayah dan ibu Jerinx, dan personel SID lainnya, turut hadir dalam sidang di PN Denpasar, Bali tersebut.

“Kebetulan waktu bebas, saya datang ke sini. Saya tidak bisa apa-apa selain memberi support,” ujar Anji di PN Denpasar, Kamis (19/11/2020).

Dia juga berharap kasus ini dapat menjadi pelajaran bagi semua, untuk lebih berhati-hati lagi dalam bersikap. “Harapannya, semoga hukum ini berlaku adil ya, harapannya semoga hukum ini, kasus ini, menjadi banyak pelajaran sih, pelajaran untuk orang-orang dan juga bagaimana cara kita bersikap supaya kita bisa lebih hati-hati saja,” ujarnya.

Sebagaiamana diketahui, Jerinx dalam persidangan sebelumnya dengan agenda duplix, menyebut pembacaan duplik banyak membongkar kelemahan dari pihak JPU.

“Pembacaan duplik dari tim kuasa hukum membongkar banyak sekali kelemahan-kelemahan dari pihak JPU, salah satunya paling menonjol adalah saksi ahli bahasa di mana saksi ahli bahasa tidak seahli yang dikemukakan oleh JPU. Dan setelah ditelusuri oleh tim PH saya, ternyata banyak data yang tidak sesuai dengan apa yang dikatakan saat sidang juga ketika penyidikan dengan di sidang juga berbeda statement-nya,” kata Jerinx ‘SID’ seusai sidang di PN Denpasar, Selasa (17/11).

“Sementara itu, yang dijadikan alasan JPU untuk menuntut 3 tahun, alasan yang dipakai terbesarnya karena terkait memakai dasar statement dari ahli bahasa yang sudah dimanipulasi,” ujar Jerinx.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil : Batasi 500 Pemilih, KPU Laksanakan Penghitungan Suara Dengan Daring

Terlepas dari hal itu, Jerinx SID juga berharap hakim dapat memutuskan vonis dengan seadil-adilnya. Terlebih, Jerinx juga menyebut jika dirinya masih memiliki utang cucu pertama kepada orang tuanya.

“Jadi semoga Ibu Hakim bisa memberikan seadil-adilnya. Ya sebagai sesama ibu, mungkin Ibu Hakim sama dengan ibu saya ini, saya masih ada utang cucu pertama kepada orang tua saya. Semoga saya bisa memberikan kemudahan ya, jangan sampai hanya gara-gara berpendapat saya bisa menyakiti perasaan orang tua saya, saya anak tunggal, jangan sampai hanya beda pendapat rumah tangga bisa hancur kan bisa diselesaikan dengan cara baik. Kita buktikan negara ini bijaksana, bukan negara otoriter,” ungkap Jerinx.

Sebelumnya, jaksa penuntut umum menuntut Jerinx SID 3 tahun penjara dan denda Rp10 juta. JPU mendakwa Jerinx SID melakukan tindak pidana ujaran kebencian atas postingan ‘IDI kacung WHO’, sebagaimana mengacu UU ITE.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx dengan pidana penjara selama 3 tahun dan denda sebesar Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan dikurangi selama terdakwa ada dalam tahanan dengan perintah tetap berada dalam tahanan,” kata JPU Otong Hendra Rahayu dalam pembacaan tuntutan, Selasa (3/11).