Derita Tak Pernah Usai, TKI di Malaysia Disiksa Majikannya

40
Derita tak pernah usai TKI di Malaysia Disiksa Majikannya
Derita Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tidak ada habisnya, kasus tersebut juga dialami oleh TKI berinisial MH yang bekerja di Kuala Lumpu Malaysia.

MH mengalami berbagai penyiksaan yang dilakukan majikannya di wilayah Kuala Lumpur Malaysia, untungnya Polusi Diraja Malaysia (PDRM) berhasil menyelamatkan MH.

Informasi tersebut berawal dari LSM Tenaganita dan berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia mengecam keras kasus penyiksaan terhadap TKI tersebut.

Majikan juga telah ditahan. MH mengalami penyiksaan berupa pemukulan dengan benda tumpul, luka sayatan benda tajam, disiram air panas dan tidak diberi makan. Saat ini MH berada di RS Kuala Lumpur untuk mendapatkan perawatan.

“Indonesia mengecam keras berulangnya kasus penyiksaan pekerja migran Indonesia terutama di sektor domestik oleh majikan di Malaysia. Terakhir adalah kasus Almh. Adelina Lisau di Penang dimana hingga saat ini majikan belum mendapatkan ganjaran hukum atas perbuatannya,” kata Kemlu RI, seperti dilensir sindonews.com, pada Kamis (26/11/2020).

Dalam pernyatannya, Kemlu Indonesia meminta otoritas Malaysia melakukan pengawasan yang ketat terhadap majikan, menjamin pelindungan yang baik terhadap pekerja migran serta melakukan penegakan hukum yang tegas terhadap pelaku.

KBRI Kuala Lumpur, jelas Kemlu, akan terus mendampingi MH dan akan menunjuk pengacara retainer untuk memonitong proses penegakan hukum terhadap majikan sesuai hukum yang berlaku.

BACA JUGA:  Manchester United Bisa Turunkan Marcus Rashford Lawan Sheffield United